Nasi Boran lamongan Nikmatnya Selangit

Asmiah Penjual Nasi Boran (foto:kabarjagad.id)

KJ, Lamongan – Lamongan tak hanya dikenal dengan soto atau pecel lele saja. Salah satunya, Nasi Boran, nasi dengan lauk komplet.

Jika Anda sedang melintasi  Lamongan saat sore hari sampai malam, bisa mencicipi makanan khas Lamongan ini.

Nama Nasi Boran diambil dari wadah atau tempat nasi yang dipakai oleh penjualnya. Tempat nasi dan tempat lauk yang terbuat dari anyaman bambu yang oleh warga Lamongan disebut Boran.

Satu porsi nasi boran terdiri dari nasi, bumbu, lauk, rempeyek. Bumbu dari nasi boranan terdiri dari rempah-rempah yang sudah di haluskan, serta lauk yang ditawarkan oleh penjual bervariasi, diantaranya daging ayam, jeroan, ikan bandeng, telur dadar, telur asin, tahu, tempe hingga ikan sili yang lebih mahal bila dibandingkan dengan lauk lainnya.

Winarto (berjaket) menikmati nasi boran lamongan.

Winarto, salah seorang pembeli nasi boran dari Ponorogo mengaku, ia selama ini memang penasaran dengan nasi khas Lamongan ini. Narto menuturkan, rasa nasi boran memang khas, ada manis dan pedas di bumbunya.

“Kebetulan tadi dari Surabaya, penasaran dengan nasi boran, akhirnya mampir sambil istirahat sebelum melanjutkan perjalanan lagi,” kata Narto.

Narto tidak akan kesulitan untuk mencari lapak nasi boran. Pasalnya, ada banyak lapak nasi boran yang berjajar di pinggir jalan di dalam kota Lamongan. Beberapa kawasan jalan di Lamongan yang selalu ada dengan penjual nasi boran diantaranya adalah Jalan Basuki Rahmat, Jalan Panglima Sudirman, Jalan Ahmad Dahlan dan beberapa ruas jalan lainnya di Lamongan.

“Kami bukanya mulai jam 3 atau jam 4 sore,” jelas Asmiah yang biasanya menggelar lapak nasi boran di depan persis Plaza Lamongan, berseberangan dengan stasiun kereta api lamongan.

Asmiah mengaku, sebagai generasi ke tiga mengantikan ibunya setelah itu adiknya dan sekarang dia sendiri yang meneruskan usaha nasi boran, sebagai generasi ketiga Asmiah selalu mengutamakan dan mempertahankan cita rasa tanpa mengurangi atau menambahi dari rasa sebelumnya , hingga kini cita rasa tetap bertahan. (19/5/2021).

Untuk satu porsi nasi boran, juga cukup murah. Harganya sekitar Rp. 8 ribu hingga Rp. 16 ribu saja tergantung lauk yang dipilih. Ada beragam yang tersedia sebagai pendamping untuk menikmati nasi boran ini .Jika beruntung Anda bisa menikmati nasi boran ini dengan lauk Ikan sili, salah satu ikan air tawar yang akan menambah rasa nikmatnya nasi boran.

Pelanggan lainnya, Anam Jozz mengungkapkan setiap kali melintasi lamongan dirinya selalu membeli nasi boran ini. Lauk ayam jadi pilihannya. 

“Murah meriah mas, dan tak kalah penting adalah cita rasanya yang selangit tanpa bisa diungkap dengan kata, pokoknya mak nyuss,” ujarnya.(Anam Joz)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below