Ada 10 Ribu Tambahan Baru Pelanggan PDAM Surya Sembada Kota Surabaya

Posted by: Reply 138 Views

KJ, Surabaya – Hingga memasuki triwulan pertama tahun 2020, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada Kota Surabaya mencatat ada penambahan 10 Ribu pelanggaran baru.

Dirut PDAM Surya Sembada, Mujiaman Sukirno mengatakan, 10 pelanggan baru tersebut merupakan pelanggan dengan kategori tempat tinggalnya di lahan perkereta apian, makam, dan lahan yang bukan hak milik. 

“Tingginya permintaan master meter PDAM di masyarakat, merupakan faktor tambahnya pelanggan baru PDAM Kota Surabaya.”ujarnya kepada wartawan di kantor Humas Pemkot Surabaya, Rabu (18/03/20).

Ia menjelaskan, master meter merupakan meteran yang dikhususkan bagi warga tidak mampu, namun tetap membutuhkan air bersih.  Dimana, biaya pemasangannya dibantu PDAM dengan sistem subsidi silang yaitu, pelanggan kelas menengah atas ikut membantu pemasangan air bersih dengan master meter ke rumah warga tidak mampu.

“Dengan pelanggan baru tersebut, total jumlah pelanggan PDAM saat ini sudah mencapai 580 ribu pelanggan.”terangnya.

Dari 580 ribu pelanggan, ujar Mujiaman, pelanggan rumah tangga mengkontribusi 80% dari total pelanggan, sisanya pelanggan bisnis dan industri.

Namun, tutur Mujiaman, dari sisi pendapatan perusahaan, pelanggan bisnis dan industri sangat besar dibandingkan pelanggan rumah tangga.

Mujiaman kembali mengatakan, sementara untuk program pemasangan pipa baru PDAM ada lonjakan signifikan yaitu, lima kali lipat dari tahun-tahun sebelumnya. Dari sebelumnya 10 kilo meter menjadi 50 kilo meter per tahun.

“Tapi kami merasa itu masih kurang, seharusnya 100 kilo meter per tahun, namun sudah meningkat signifikan untuk pemasangan pipa baru PDAM.”jelas Mujiaman.

Dirinya kembali menambahkan, untuk pemasangan pipa baru, PDAM Surya Sembada Kota Surabaya harus berkoordinasi dengan Dishub Kota Surabaya dan kepolisian, agar tidak mengganggu jalan dan penumpukan pipa air. 

“Yang pasti kinerja PDAM terus meningkat signifikan, dengan target seluruh warga dapat teraliri air bersih PDAM.”ungkapnya.(Tris)

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below