Dewan Sarankan Pemkot Surabaya Miliki Alat Pecah Ombak

KJ, Surabaya – Komisi C DPRD Kota Surabaya menyarankan, agar Pemkot Surabaya segera memiliki alat pecah ombak, untuk antisipasi banjir rob.

Alat pecah ombak sendiri adalah, sebuah alat untuk memecah gelombang ombak yang terjadi karena angin kencang. Sehingga, saat terjadi gelombang tinggi, air laut tidak sampai menghantam permukiman warga disekitar pantai, karena sudah dipecah oleh alat pecah ombak tadi.

“Bentuk alatnya segitiga raksasa dengan bahan baku beton. Untuk secepatnya kita beli alat pecah ombak, Pemkot Surabaya bisa bekerjasama dengan Pemprov Jatim, bahkan jika perlu ke pemerintah pusat.” ujar Ketua Komisi C DPRD Kota Surabaya, Baktiono kepada wartawan, Jumat (13/11/20).

Ia menjelaskan, kejadian Rabu malam lalu (11/11/20) di pantai Kenjeran dimana gelombang air laut tinggi karena angin kencang menghantam pinggiran pantai, hingga perkampungan penduduk disekitar Kenjeran, sehingga banyak rumah penduduk yang terendam air.

“Banyak warga Kenjeran yang melapor ke kami. Untuk itu, agar tidak terjadi kembali gelombang pasang air laut yang menghantan rumah penduduk, Komisi C menyarankan Pemkot Surabaya memiliki alat pecah ombak.”sarannya.

Baktiono menerangkan, saat ini Komisi C sudah memasukkan rencana pembelian alat pemecah ombak dalam postur Raperda APBD Kota Surabaya tahun 2021. Namun, untuk nilai anggarannya masih digodok di dewan.

” Yang pasti, anggaran untuk membeli alat pemecah ombak sudah kita usulkan dalam APBD tahun 2021.”tegas Baktiono.

Dirinya kembali mengatakan, dalam waktu dekat yang perlu dilakukan Pemkot Surabaya memang harus segera membeli alat pecah ombak, agar kejadian Rabu malam (11/11/20) di Kenjeran tidak terjadi lagi.

“Mengingat saat ini memasuki musim penghujan dan angin kencang, jadi harus antisipasi dini terhadap bencana rob atau air laut pasang.” ungkapnya.(Tris)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below