Dr. Akmarawita Kadir: Permintaan Risma Soal Bantuan Tenaga Medis PPDS Sudah Tepat

KJ, Surabaya – Kalangan legislatif di DPRD Kota Surabaya menilai, permintaan Walikota Surabaya, Tri Rismaharini soal bantuan penyaluran tenaga dokter dari PPDS (Peserta Program Pendidikan Dokter Spesialis) kepada Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, sudah sangat tepat.

Sebelumnya, Rabu (01/07/20) Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini meminta bantuan penyaluran tenaga dokter residen PPDS (Peserta Program Pendidikan Dokter Spesialis) kepada Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

Tenaga dokter PPDS ini dibutuhkan untuk mendukung penanganan pasien Covid-19 di dua Rumah Sakit (RS) dibawah naungan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

Sekretaris Komisi D DPRD kota Surabaya, Dr. Akmarawita Kadir mengatakan, PPDS ini memang sudah dokter, terus melanjutkan kuliahnya khusus di spesialis. Jadi tidak masalah tenaga dokter dari PPDS untuk membantu percepat penanganan Covid-19 di Surabaya.

Hanya yang perlu diperhatikan oleh Pemkot Surabaya, kata Dr. Akmarawita Kadir ialah, bagaimana fasilitas Alat Perlindungan Diri (APD) nya, biaya selama bertugas di Covid-19, dan fasilitas lainnya.

“Karena tenaga dokter merupakan garda terdepan dari penanganan pasien Covid-19, jadi harus diperhatikan fasilitas perlindungan dirinya.”ujarnya kepada media ini di Surabaya, Kamis (02/07/20).

Dr. Akmarawita Kadir menjelaskan, sebelum meminta bantuan tenaga dokter, Pemkot Surabaya terlebih dahulu berkoordinasi dengan FK Unair dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Koordinasi harus baik, terlebih koordinasi dengan FK Unair.

Pasalnya, kata politisi Partai Golkar Kota Surabaya ini, dokter di PPDS kan masih kuliah spesialis, jadi kasihan jika harus meninggalkan kuliahnya karena menjadi tenaga bantu dokter penanganan Covid-19.

“Yang pasti Pemkot Surabaya harus memperhatikan kelengkapan fasilitas tenaga dokter yang diambil dari PPDS FK Unair, bukan hanya APD tapi juga biaya operasional selama membantu pasien Covid-19.”ungkapnya.(Tris)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below