Revitalisasi Pasar Tunjungan, Pemkot Surabaya Tunggu Pengajuan PD Pasar Surya

Posted by: Reply 196 Views

KJ, Surabaya-Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menunggu pengajuan Perusahaan Daerah Pasar Surya untuk merevitalisasi Pasar Tunjungan. Hal tersebut karena Pasar Tunjungan merupakan aset terpisah pemkot yang dimiliki PD Pasar Surya. 

Kepala Bagian Administrasi dan Perekonomian Usaha Daerah Kota Surabaya, Agus Heby Djuniantoro mengatakan, Pemkot sudah mengetahui kondisi Pasar Tunjungan. 

“Untuk revitalisasi tersebut belum mendapat rencana dari PD Pasar, ya mungkin karena keuangannya (PD Pasar) terbatas,” kata Heby saat diwawancarai usai rapat dengar (hearing) di Komisi B DPRD Surabaya, Rabu (18/12/19).

Ia menjelaskan, dalam perencanaan revitalisasi Pasar Tunjungan harus dilakukan dengan prosedur yang benar. 

Tahap awalnya PD Pasar harus melakukan pengajuan revitalisasi, yang nantinya akan diajukan ke Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota (Bappeko). 

Selain itu, Heby juga menyampaikan, merevitalisasi Pasar Tunjungan membutuhkan perencanaan khusus. Sebab, lingkungan dan kawasan Jalan Embong Malang dan Jalan Tunjungan berpusat di tengah kota.

“Tidak boleh seenaknya membangun, apalagi sekarang parkir semrawut, sehingga buntoni dalam penataan. Itu harus sinergi semua kawasan Tunjungan, sehingga tidak mematikan Pasar Tunjungan,” kata Heby. 

Ia juga mengimbau, jika PD Pasar bisa menyerahkan aset ke pemkot merasa keberatan mengelola Pasar Tunjungan. Karena pemkot tidak memiliki wewenang dan dasar yang kuat untuk mengambil alih aset tersebut.

“Pasar Tunjungan ini minusnya banyak. Kami lihat saja nanti PD Pasarnya bagaimana menanganinya. Akan kami tunggu juga,” katanya.

Sementara itu, Plt PD Pasar Surya Muhibuddin menyampaikan, pihaknya masih menyusun ulang pasar tradisional yang ada di Surabaya. Oleh sebab itu Pasar Tunjungan belum menjadi prioritas dalam revitalisasinya.

“Periode kami banyak sekali masalah keuangan yang harus kami tanggung. Sehinhga kami harus menyusun ulang mana prioritas yang harus dilakukan saat ini,” katanya.

Muhibuddin menambahkan, pihaknya tidak memiliki anggaran yang cukup jika harus melakukan revitalisasi Pasar Tunjungan tahun 2020. (Tris)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below