RSUD Dr Soetomo : Pasien Sekarang Subyek, Bukan Obyek

Posted by: Reply 68 Views

KJ,Surabaya – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Soetomo milik Pemerintah Provinsi jawa timur menggelar acara customer gathering dalam rangka Hari Pelanggan Nasional 2019.

Direktur Utama Rumah Sakit Dr Soetomo Joni Wahyuhadi mengatakan, tugas utama rumah sakit adalah melayani sedangkan yang dilayani adalah pasien-pasien, dan dalam akreditasi disebutkan rumah sakit bertanggung jawab memberikan layanan terbaik kepada pasien, keluarga pasien dan masyarakat.

“Layanan yang terbaik itu adalah yang aman, bermutu tinggi dan yang terpenting terjangkau,” ujar Joni Wahyuhadi, Rabu (04/09/2019) siang.

Untuk keterjangkuan saat ini, ia menjelaskan, Pemerintah sudah membuat progam bagus JKN walaupun ada masalah di BPJS, tetapi RSUD Dr Soetomo kemarin mendapat apreasi dari BPJS sebagai rumah sakit teladan dalam pelayanan pasien BPJS.

“Artinya bahwa kita didalam trek yang sudah betul memberikan layanan BPJS,” paparnya.

Di RSUD Dr Soetomo, Ia menyatakan tidak pernah menolak pasien dan berapun biaya yang dikeluarkan oleh rumah sakit ini untuk merawat pasien BPJS walaupun kadang kadang biayanya lebih kecil.

“Tapi kita tetap merawatnya sampai selesai, tidak ada pasien yang belum sembuh di pulangkan, hal ini tidak ada,” ungkapnya.I

Ia mencontohkan, seperti operasi bayi kembar siam ratusan juta dilayani, transferan ginjal juga dijalankan, bahkan jantung juga dijalankan termasuk kanker juga dijalankan semuanya.

“Karena Pemerintah Provinsi Jawa Timur dipimpin oleh Ibu Khofifah sangat perhatian terhadap masyarakat yang mengalami sakit,” terangnya.

Yang menjadi subyek di RSUD Dr Soetomo ini, menurut ia adalah pasien, jadi pasien sekarang bukan obyek, tapi subyek, karena itu di hari pelanggan nasional ini, pihaknya memberikan sesuatu pada pasien.

“Kalau RSUD Dr Soetomo tidak ada subyek atau pasien pasti tutup ya kan, ” katanya, ditemui usai acara.

Oleh karena itu, pihaknya mengapreasi kepada subyek atau pasien, karena pasien dinilai sangat penting bagi RSUD Dr Soetomo. “Terima kasih kepada subyek ataupun pasien-pasien kita,” pungkasnya.

Sementara itu, di acara kegiatan customer gathering dalam rangka Hari Pelanggan Nasional 2019 ini mendapat apreasi dan sambutan hangat dari sejumlah pasien.

“Acara ini sangat baik sekali dan apalagi sekarang rumah sakit Dr Soetomo pelayanannya sangat baik dan bagus,” ucap Ibu Iin salah satu keluarga pasien di instalasi Hemodialisis ini.  (mj)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below