Tim Pancanaka Satpol PP Surabaya Ikuti Lomba Fin Swimming Sebrangi Dermaga Feri Madura

Kabarjagad.id, Surabaya – Sebanyak 14 anggota Tim Pancanaka Satpol PP Surabaya, mengikuti lomba Fin Swimming Selat Madura Kasal Cup. Perlombaan tersebut digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun Kopaska ke 62 yang dimulai dari Dermaga Kapal Feri Madura menuju Monumen Jalesveva Jayamahe, Minggu (25/2/2024).

Kepala Satpol PP Surabaya, M. Fikser, mengatakan dirinya antusias mengirimkan pasukan yang semula bernama tim becak air itu untuk mengikuti perlombaan tersebut. 

“Saya antusias mengirimkan tim Pancanaka ini untuk ikut serta dalam lomba yang diadakan oleh Komando Armada II, saya berharap mereka (tim Pancanaka) semangat dan tetap optimis mengikuti lomba ini. Jaga satu dan lainnya, dan jangan lupa untuk berdoa, karena keselamatan dan doa itu penting,” kata Fikser. 

Sementara itu, Abdul Mubin, salah satu anggota Tim Pancanaka mengatakan, dia bersama rekannya sudah melakukan persiapan dan latihan selama delapan hari guna mengikuti lomba renang yang memakai alat snorkeling dan fins atau sepatu katak tersebut. 

“Kami terbantu oleh pelatih karena beliau lebih pengalaman dibidangnya, kami latihan mulai dari bimbingan fisik, renang menggunakan fins, ketahanan, latihan lawan arus, serta teknik water trappen,” kata Mubin. 

Mubin mengaku, dia tak mengalami kendala saat melakukan latihan. Baginya, persiapan latihan yang ia lakukan sangatlah dibutuhkan. 

“Untuk kendala tidak ada, kami sudah siap. Kami butuh bimbingan latihan fisik dan teknik untuk latihan, mengingat medan laut dan jarak yang jauh,” ungkapnya.

Menurutnya, perlombaan ini merupakan tantangan sekaligus pengalaman baru baginya. “Untuk tim Pancanaka sendiri sudah ada 2 orang yang pernah mengikuti lomba, untuk yang lain belum termasuk saya,” kata dia.

Mubin menambahkan, berenang melintasi lautan dibutuhkan fisik dan teknik yang lebih maksimal. “Biasanya berenang di kolam dan sungai, kali ini jarak yang akan ditempuh jauh belum lagi nanti kita temui biota laut, benang laut, dan lainnya,” imbuhnya. 

Sebagai wakil komandan regu tim Pancanaka, Mubin menegaskan bahwa tim Pancanaka siap untuk mengikuti perhelatan tersebut. 

“Untuk juara kami tidak ada patokan, yang terpenting keselamatan saya dan teman-teman. Alam tidak bisa ditebak, sewaktu-waktu bisa berubah jadi yang terpenting disiplin dan berdoa,” pungkasnya (djp).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below