Warga Sudah Lama Tanam Empon-Empon, Penangkal Virus Corona Ada Di Surabaya

Posted by: Reply 376 Views

KJ, Surabaya – Sebelum Virus Corona muncul, ternyata warga Kota Surabaya sudah membudidayakan tanaman obat asli Indonesia seperti jahe, kunyit, temulawak, hingga sambiloto (empon-empon). 

Tanaman tersebut, bermanfaat untuk menamengi imunitas tubuh dari serangan virus. Hal ini diperkuat dengan hasil penelitian Universitas Airlangga (Unair) yang menyatakan bahwa empon-empon berkhasiat mencegah Virus Corona.

Kasi Pengembangan Pertanian Perkotaan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya, Antin Kusmira mengatakan, Pemkot Surabaya melalui DKPP telah lama memberikan bantuan bibit tanaman toga dan pembinaan kepada masyarakat. Bibit tanaman toga itu, termasuk di dalamnya berupa temulawak, jahe dan kunyit (empon-empon).

“Dari bibit bantuan itu, warga kemudian membudidayakannya. Ada yang berupa di hamparan ada yang di media polybag,” kata Antin saat dihubungi, Sabtu (07/03/2020).

Menurutnya, budidaya tanaman herbal yang dilakukan masyarakat, sudah berlangsung sejak lama. Bahkan, sebelum Virus Corona muncul, beberapa perkampungan di Kota Surabaya sudah melakukan budidaya tanaman herbal tersebut. “Masyarakat sudah membudidayakan tanaman ini karena itu memang termasuk tanaman obat keluarga. Jadi sebelum ada virus corona pun mereka sudah menanam,” katanya.

Antin mengungkapkan, awalnya warga itu mengajukan permohonan ke DKPP agar dibantu tanaman toga dan diantaranya terdapat empon-empon. Dari bibit bantuan tersebut, kemudian dibudidayakan oleh mereka. “Jadi kita kasih beberapa bibit tanaman empon-empon itu, ada jahe, temulawak, kunyit, kemudian mereka membudidayakan di kampungnya,” jelasnya.

Menariknya, selain hasil panen yang bisa dikonsumsi sendiri, ternyata warga juga mengolah tanaman tradisional tersebut menjadi minuman herbal yang kemudian dijual untuk menambah income pendapatan. Bahkan, warga juga mengolah hasil panen empon-empon menjadi minuman instan berupa bubuk.

“Kalau hasil mereka memang selain untuk diri sendiri juga ada yang dijual untuk bahan dasar minuman. Ada juga yang diolah menjadi serbuk minuman instan berupa bubuk jahe instan, atau temulawak instan,” ungkapnya.(Tris)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below