Gubernur Jatim Tinjau Kampung Tangguh Desa Petiken

KJ,Surabaya – Usai meninjau PPS Kecamatan Manyar, Kab. Gresik, Gubernur Khofifah bersama rombongan juga melakukan peninjauan pelaksanaan Kampung Tangguh di RT 1 RW 8 Desa Petiken, Kecamatan Driyorejo, Kab. Gresik. 

Di kampung tangguh tersebut, Gubernur Khofifah berkesempatan meninjau lokasi ruang isolasi, ruang observasi, serta lumbung pangan warga. Gubernur wanita pertama di Jatim ini juga menyapa para warga yang mematuhi anjuran pemerintah, yaitu stay at home. 

Dalam sambutannya, Khofifah berharap kampung tangguh yang berasal dari satu entitas terkecil, yakni RT-RT yang direkatkan oleh RW ini bisa diterapkan oleh seluruh RW di Jatim, serta mampu menjadi penguat ketika nanti memasuki era new normal. 

“Harapannya, RW-RW lain akan mengikuti format ini, ketangguhan yang dimiliki oleh 1 entitas terkecil RT- RW itu bisa menjadi penguat ketika nanti memasuki new normal, sebab new normal butuh ketangguhan-ketangguhan baru, basis yang efektif nya ya RT-RT ini, lalu direkatlah oleh RW,” harapnya.

Gubernur Khofifah menambahkan, salah satu ketangguhan RW disini adalah saat RW disebelahnya ada yang terkonfirmasi positif Covid-19. Maka, seluruh warga bahu-membahu membangun ketahanan dan ketangguhan serta menyebarkan ke RW-RW lainnya, supaya sama-sama memiliki ketahanan dan ketangguhan yang prima.a

“Harapannya, semua kabupaten/kota juga begitu, ini kemarin role modelnya di Malang Raya. Setelah Malang Raya sukses, maka Pak Pangdam, dan Pak Kapolda punya RW-RW yang diampu ,  termasuk Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik. Kampung tangguh di Jatim ini sepertinya menjadi role model di provinsi yang lain juga,” pungkasnya.

Dalam sambutannya, Bupati Gresik, Sambari Halim mengatakan, di Kab. Gresik terdapat 330 desa, 26 kelurahan, 910 RT-RW, dan 914 Dusun. Dari 330 desa tersebut, sampai saat ini sudah ada 56 desa yang membentuk desa tangguh, serta juga sudah dilaksanakan 54 pasar tangguh. Dirinya menekankan, ujung tombak penanganan Covid-19 ini adalah masyarakat di tingkat paling akar, yaitu RT-RW.

Hadir dalam kesempatan ini, Sekdaprov Jatim, Heru Tjahjono, para kepala OPD di lingkup Pemprov Jatim, serta Forkopimda Kab. Gresik. (humas/Dn)

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below