Gubernur Khofifah Panen Raya di Ponorogo Bersama Forpimda, Peningkatan Produksi Padi di Ponorogo Terbaik Se- Jatim

Posted by: Reply 149 Views

Foto: Panen Raya Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawangsa bersama Forpimda Ponorogo (Foto Agus Zahid)

KJ, Ponorogo – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawangsa Selasa 6 April 2021 melakukan panen raya di Desa Bedingin, Kecamatan Sambit, Kabupaten Ponorogo. Orang nomor satu di Pemrov Jatim itu didampingi Sekda Pemprov, kepala dinas pertanian dan ketahanan pangan Jatim, Pimpinan Bank Jatim dan Forkopimda Kabupaten Ponorogo. Khofifah melakukan panen raya dengan menggunakan alat manual dan mesin panen modern.

Menurutnya Ponorogo termasuk daerah penyangga pangan terbaik di Jatim.Peningkatan produksi padi tertinggi di Jawa Timur.”Berdasarkan data BPS bulan Maret, Ponorogo masuk 10 besar luas lahan di Jawa Timur, secara luasan no 10, namun terbaik dalam peningkatan produktifitas padi di Jawa Timur, tertinggi di Jawa Timur, peningkatanya mencapai 17 persen, padahal di daerah lain ada yang kontraksi hingga -5 persen,” terang Gubernur.

Apalagi dengan adanya calon varitas KIP, tentunya akan meningkatkan produksi padi di Ponoroo semakin banyak dan meningkat, dengan sendirinya kesejahteraan ekonomi para petani di Ponorogo juga akan semakin meningkat.”Dengan varitas KIP ini tentunya akan lebih meningkatkan produksi padi di Ponorogo,” lanjut Khofifah.

Sementara itu Bupati Sugiri Sancoko mengatakan, pihaknya saat ini mencoba calon varites baru yaitu KIP di 35 hekter persawahan di Ponorogo. Calon varitas ini selain mempunyai ketebalan dan panjang gabah yang lebih dari varitas lainya, juga mempunyai 713 biji dalam 1 mulainya, padahal varitas lainya hanya berkisar antara 200 sampai 300 biji. “Ini merupakan penyilangan dari berbagai jenis padi sehingga menghasilkan bibit unggul,” katanya.

Sugiri menambahkan pihaknya akan mengatasi soal harga pasca panen antara lain dengan cara menggantikan tunjangan para ASN yang semula berbentuk uang kini akan dialihkan dengan beras produksi Ponorogo, sehingga harga beras petani bisa lebih baik dan stabil.

Sebelumnya, Ketua DPRD Ponorogo Sunarto Spd menyoroti soal harga gabah pasca panen yang belum menguntungkan para petani.Pihaknya berharap kepada pemerintah daerah untuk segera mencarikan solusi tentang harga gabah atau padi pasca panen agar petani bisa mendapatkan keuntungan yang layak.” Menurut saya pemerintah, baik daerah maupun provinsi (Kordinasi,red) untuk segera membantu mencari solusi untuk meningkatkan harga gabah pasca panen agar tidak anjlok, hal ini penting agar para petani bisa sejahtera,” harapnya.(AZ)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below