Launching Aplikasi SIM Nasional Presisi (Sinar) Satlantas Polres Jombang

Posted by: Reply 1025 Views

Foto: Kapolri saat melaunching Aplikasi SIM Nasional (Sinar) Satlantas Polres Jombang secara virtual.

KJ, Jombang – Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Listyo Sigit Prabowo melaunching aplikasi SIM Nasional Presisi (Sinar) Satlantas Polres Jombang secara virtual di Satlantas Polres Jombang, Selasa (13/4/2021) sore.

Kapolri dalam virtualnya mengatakan, kegiatan ini adalah bagian dari transformasi pengawasan dengan memanfaatkan informasi teknologi, sebagaimana program kerja Kapolri yang telah kami sampaikan di depan komisi III DPR-RI pada saat itu.

Dijelaskan Jenderal Sigit, kami polri melaksanakan transformasi menuju polri yang transisi, transformasi di bidang organisasi, operasional, pelayanan publik dan di bidang pengawasan terhadap kepolisian, jelasnya.

“Tadi pagi juga kami melaksanakan launching sekaligus rakernis terkait dengan masalah transpormasi di bidang propam dan beberapa waktu sebelumnya kami launching yang namanya bagaimana masyarakat bisa langsung melaporkan pengaduan pengaduan melalui elektronik.

Sore hari ini lanjutnya, sebagaimana yang pernah kami sampaikan sebelumnya bahwa, polri harus terus mengikuti perkembangan strategis. Situasi pandemi Covid-19 ini yang melanda seluruh bangsa, yang tentunya menjadi suatu tantangan kita semua untuk tetap bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, lanjut Kapolri Sigit.

Lebih lanjut Jenderal Sigit, di suatu sisi perkembangan teknologi informasi dan masyarakat yang tentunya polri harus bisa mengikuti dan mengembangkan diri untuk bisa memanfaatkan informasi teknologi tersebut.

Dikatakannya, ini juga membuat penting buat kami sebagaimana yang pernah kami sampaikan bahwa, pelayanan kepolisian, polri khususnya lalulintas sebagai etalase terdepan yang ada di lapangan, tentunya akan sering berinteraksi dengan masyarakat, khususnya terkait dengan tugas di bidang penegakan hukum dan bidang pelayanan.

“Interaksi-interaksi tersebut akan menimbulkan terjadinya penyalahgunaan wewenang. Oleh karena itu, sudah saatnya meninggalkan hal-hal tersebut, ujar Kapolri.

Cita-cita kami, bagaimana kami ingin menampilkan polisi lalulintas yang berwibawa, yang disegani masyarakat dan mewujudkan pelayanan kepolisian penegakan hukum yang tegas dan humanis dan menghindari terjadinya interaksi yang kemudian menimbulkan penyalahgunaan wewenang, tandas Sigit.

Menurut Kapolri, Kakorlantas telah bekerja keras dengan timnya secara bersungguh-sungguh dan telah melaunching aplikasi penegakan hukum di lalulintas dengan elektronik. “Jadi pelanggaran pelanggaran lalulintas bisa di proses secara elektronik dan telah berjalan, tutup Kapolri.

Sementara Kepala Korps lalulintas (Kakorlantas) Mabes Polri, Irjen Istiono Kakorlantas Mabes Polri menjelaskan, layanan ini bisa diunduh di Play Store untuk ponsel berbasis Android. Dapat diakses kapan saja dan dimana saja sehingga lebih mudah, lebih cepat dan lebih akurat.

“Jadi layanan ini hanya perpanjangan SIM, sedangkan untuk pembuatan SIM baru masih tertulis, akan segera tersedia juga”, jelas Kakorlantas.

Polri menjelasakan cara perpanjangan SIM, sebagai berikut:

1). Unduh aplikasi Digital Korlantas Polri.

2). Verifikasi. Pengguna diminta memasukkan nomor ponsel dan alamat email guna mendapatkan One Time Password (OTP) untuk verifikasi.

3). Registrasi. Pengguna memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama lengkap sesuai KTP, kemudian akan dilakukan otentifikasi menggunakan teknologi pembacaan biometric wajah (liveness face recognition). Setelah registrasi dinyatakan valid, pengguna bisa mengakses layanan yang tersedia di Digital Korlantas Polri

4). Perpanjangan SIM. Pengguna memilih ikon Sinar pada Digital Korlantas Polri, kemudian pilih menu Perpanjangan SIM. Layanan ini hanya bisa melakukan perpanjangan dua jenis SIM, yakni A dan C.

5). Pilih golongan SIM. Pemohon diminta memilih golongan SIM yang ingin diperpanjang lalu memasukkan nomor SIM yang sudah dimiliki.

6). Unggah Data. Setelah itu pemohon diminta mengunggah foto KTP, foto SIM, foto tanda tangan, dan pas foto.

7). Verifikasi pemeriksaan kesehatan dan psikologi. Usai mengunggah data, sistem akan melakukan verifikasi pemeriksaan kesehatan dan psikologi pengemudi. Penjelasan soal kedua hal itu bisa dibaca di bagian bawah artikel ini.

8). Pilih Polda dan Satpas. Jika verifikasi pemeriksaan kesehatan dan psikologi selesai, pemohon diminta memilih Polda dan Satpas terdekat.

9). Rekening. Pemohon juga diminta mengisi informasi rekening untuk pengembalian dana atau jika terjadi pembatalan.

10). Pilih SIM diambil atau diantar. Pemohon diberikan tiga opsi mendapatkan SIM yang sudah diperpanjang, yaitu diambil sendiri sesuai Satpas yang sudah dipilih, diwakilkan menggunakan surat kuasa, atau dikirim menggunakan jasa Pos Indonesia.

11). Pembayaran. Pemohon melakukan pembayaran PNBP melalui virtual account BNI. Setelah itu SIM akan dicetak kemudian dikirim sesuai metode pengiriman yang telah ditentukan.

12). Verifikasi terkirim. Setelah SIM yang sudah diperpanjang terkirim sesuai alamat, pemohon diminta melakukan verifikasi penerimaan.

Mengenal Sinar, Aplikasi Urus SIM Online via Ponsel. Pemeriksaan Kesehatan

Pemeriksaan kesehatan merupakan salah satu syarat perpanjangan SIM, hal ini tetap wajib diikuti pemohon namun caranya berbeda dari konvensional. Pada layanan Sinar terdapat link E-RIKKES yang ditujukan untuk layanan pemeriksaan kesehatan.

Setelah diklik, pemohon diminta memasukkan NIK dan foto selfie. Kemudian memilih dokter dan jadwal pemeriksaan, selanjutnya pemohon mendapatkan kode booking yang akan ditunjukkan saat melakukan kunjungan ke dokter.

Dokter polisi ataupun dokter umum yang tersedia dalam layanan ini merupakan rekomendasi langsung dari Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusdokkes Polri).

Setelah melakukan pemeriksaan, pemohon melakukan pembayaran. Kemudian dokter akan melakukan update pemeriksaan melalui E-RIKKES. Jika pemohon memenuhi syarat maka hasil tes akan terkirim otomatis pada aplikasi perpanjangan SIM, jika tidak proses perpanjangan tidak akan dilanjutkan.

Pemeriksaan Psikologi. Khusus untuk pemeriksaan psikologi, pemohon memilih link E-PPSI pada layanan Sinar. Kemudian pilih menu registrasi, masukkan NIK dan foto selfie, lalu lakukan pembayaran.

Kemudian pemohon melaksanakan tes dengan soal-soal yang sudah terakreditasi Biro Psikologi – SSDM Polri.

Jika memenuhi syarat, hasil tes akan terkirim otomatis pada aplikasi perpanjangan SIM, jika tidak maka akan dilakukan konseling secara online. Pemohon diberi kesempatan satu lagi untuk melakukan tes psikologi ulang.

Hadir dalam kegiatan launching di Satlantas Polres Jombang, Kapolda Jawa Timur, Pangdam V Brawijaya, Bupati Jombang, Kapolres serta Komandan Kodim 0814 Jombang. (ash).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below