Mentan RI Kunjungi Lamongan, Percepat Tanam melalui Pompanisasi

Posted by: 595 Views

Foto: Menteri Pertanian berikan sambutan, saat kunjunganya di Lamongan.

Kabarjagad.id, Lamongan – Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman, Jum’at (19/4/2024) melaksanakan kunjungan kerja di Desa Trepan Kecamatan Babat dan Desa Blawirejo Kecamatan Kedungpring. Kunjungan kerja tersebut dilaksanakan dalam rangka percepatan tanam padi melalui proses pompanisasi. Tidak hanya itu, dalam kesempatan tersebut Ia juga menyerahkan secara simbolis bantuan bibit padi kepada petani di Lamongan.

Diungkapkan Mentan Andi Amran Sulaiman, bahwa Kabupaten Lamongan pada dasarnya memiliki sumber air yang melimpah, hanya kurang dalam pemanfaatannya, sehingga dirasa sangat tepat untuk dilakukan proses pompanisasi. Dengan proses pompanisasi dan berbagai upaya lain seperti pemberian bantuan padi juga menaikkan volume bantuan pupuk, memurut beliau adalah solusi permanen dan cepat yang dilakukan pemerintah dalam mengatasi kondisi El Nino yang terjadi saat ini.

“Kita lihat tadi ini melalui pompanisasi bisa mengaliri 16.374 hektar sawah di Lamongan, itu bisa meningkatkan produksi padi kita 380 ribu ton, dan bisa dibayangkan dampaknya adalah peningkatan kesejahteraan petani, peningkatan pendapatan produksi, dan banyak lainnya. Paling penting adalah Pak Presiden sudah memerintahkan untuk menaikkan volume pupuk 2 kali lipat, ini ada bantuan pompa gratis, benih gratis. Ini kita lakukan terus menerus untuk menghadapi El Nino, semoga target kita menaikkan produksi beras bisa tercapai,” ungkap Mentan Amran.

Mentan Amran menambahkan, bahwa terkait penggunaan air dalam pompanisasi ini juga telah disepakati dengan Menteri PUPR didepan Presiden RI, hal tersebut guna memprioritaskan pangan pada saat kondisi El Nino. Tidak hanya itu, diungkapkan beliau bahwa Presiden RI telah menyetujui penambahan volume pupuk menjadi 9,5 juta ton.

“Yang belum terdaftar silahkan mendaftar, yang penting petani Indonesia itu berhak mendapatkan pupuk, siapapun itu. Kalau ada calo pupuk saya minta dilakukan proses hukum, kalau ada distributor nakal kami pastikan izinnya saya cabut, tidak ada lagi kegiatan yang mempermainkan nasib petani karena mereka adalah pahlawan kita,” imbuhnya.

Kunjungan tersebut dihadiri oleh Waaster Kasad Bid. Wanmil dan Kermater Brigjen TNI Heri Susanto, bersama Kepala Staf Kodam V Brawijaya Brigjen TNI Hendro Satotos S.I.P., M.M., M. Han. dan Danrem 082/CPYJ Kolonel Heri Rustandi beserta Jajaran Forkopimda Kabupaten Lamongan. (Az).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below