Momen Menarik Upacara Bendera 17 Agustus 2019 di Istana Merdeka

Posted by: Reply 255 Views

KJ,Jakarta – Upacara Kemerdekaan RI ke-74 di Istana Merdeka digelar pada Sabtu (17/8/2019) pagi. Berbeda dari upacara-upacara sebelumnya, pada peringatan hari Kemerdekaan RI ke-74 ini bisa dibilang unik.

Dalam beberapa tahun ke belakang, acara puncak tersebut selalu dikemas dengan sesuatu yang baru. Tak ketinggalan pada tahun ini, pihak Istana memang telah mempersiapkan suatu hal yang berbeda dari tahun sebelumnya.

Berbeda dari sebelumnya peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini dimulai dengan kirab bendera pusaka dan teks asli naskah proklamasi yang dimulai dari Monumen Nasional hingga Istana Merdeka. Tak hanya itu banyak momen-momen menarik yang tentunya berbeda dari tahun sebelumnya.

Upacara peringatan detik-detik proklamasi tahun ini sangat unik. Pasalnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan sejumlah tokoh mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah saat menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Indonesia di Istana Merdeka.

Jokowi dan para pimpinan lembaga pemerintah terlihat memakai baju adat yang berbeda-beda. Para tamu undangan yang hadir pun juga terlihat mengenakan pakaian adat khas dari sejumlah daerah di Indonesia. Tak hanya itu, bahkan sejumlah Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) terlihat pula memakai pakaian adat.

Penggunaan pakaian adat juga sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 71 Tahun 2018 tentang Tata Pakaian Pada Acara Kenegaraan dan Acara Resmi. Jokowi mengenakan pakaian adat dari Klungkung, Bali sementara Iriana dari Tapanuli Utara. Sama, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Mufida‎ Kalla juga mengenakan pakaian adat dari Aceh.(alin)

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below