Pemkab Jombang Siap Jalankan Gerakan Desa Aman Covid-19

Posted by: 358 Views

KJ, Jombang – Pemerintah Kabupaten Jombang Provinsi Jawa Timur, siap menjalankan gerakan Desa Aman Covid-19, sebagaimana diinstruksikan oleh Presiden Joko Widodo melalui Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian, lewat Video Conference bersama Gubernur, Bupati dan Walikota se-Indonesia, Senin (10/8/2020) siang.

Vidcon dipimpin Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian dan Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar serta Ketua Umum TP PKK Pusat. Dalam video conference tersebut, diungkapkan jika sebelumnya muncul gerakan yang dinamakan Desa Lawan Covid-19 namun kali ini, gerakan Desa Aman Covid-19.

Mendagri, Tito Karnavian dalam Video Teleconference nya mendorong pelaksanaan gerakan Desa Aman Covid-19 melalui sosialisasi penggunaan masker secara masif di desa-desa. Gerakan penggunaan masker di desa sebenarnya telah didorong oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Halim Iskandar bersama seluruh jajaran Kementerian Desa.

“Adanya kerja sama ini diperkuat untuk meningkatkan kembali kesadaran masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan Covid-19 di desa masing-masing,” ujar Mendagri.

Sementara itu, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar mengatakan, pihaknya akan mengadakan lomba dengan tema desa aman Covid-19, yang berhadiah ratusan juta. Selain mewujudkan desa aman dari Covid-19 ini, juga dapat memulihkan ekonomi desa dengan menggiatkan Padat Karya Tunai Desa, dan menggerakkan produksi dan konsumsi untuk membangkitkan ekonomi desa.

“Adapun pelaksanaannya kita mulai tanggal 10 Agustus sampai 25 September 2020. Nantinya, desa yang dinyatakan sebagai pemenang atau disebut desa aman Covid-19, akan diberikan hadiah berupa uang insentif senilai Rp 150 juta untuk Grade 1 dan Rp 100 juta untuk Grade 2. Insentif hanya digunakan untuk Padat Karya Tunai Desa.

“Agar maksimal mendapatkan nilai, maka sebuah desa harus berhasil dalam menerapkan adaptasi kebiasaan baru. Selain itu, mampu memperlihatkan kemampuan desa dalam aksi setengah miliar masker desa. “(Penilaian juga meliputi) pelaksanaaan BLT Dana Desa dan juga penilaian terkait pelaksanaan Padat Karya Tunai Desa (PKTD). Sementara untuk warga desa yang masuk kategori kelas menengah kata Mendes, diminta untuk melakukan pengadaan sendiri. Bahkan kalau perlu bergotong-royong, ikut membantu dalam pengadaan masker yang bersumber dari Dana Desa, tutur MenDes PDTT.

Ditempat yang sama, Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Tri Tito Karnavian pada Vidcon nya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo karena telah mempercayakan TP PKK dan para kader PKK di seluruh Indonesia untuk ikut mensosialisasikan pemakaian masker. Bapak Presiden menegaskan dalam pelaksanaannya nanti, para kader PKK akan melakukannya secara door to door, tandas Ketua Umum TP-PKK Pusat.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Jombang dan Wakil Bupati Jombang sangat mendukung dan berharap segera ada tindak lanjut. TP PKK Kabupaten Jombang segera mensosialisasikan sekaligus dapat melakukan gerakan Pencegahan Covid-19 dengan pembagian masker dari rumah ke rumah bersama seluruh perangkat Desa.

“Sebelum gerakan ini ada, TP PKK Kabupaten Jombang telah melakukan hal yang sama dengan ikut melakukan pembagian masker. Namun dengan program kali ini kami minta untuk dilakukan di seluruh desa di Kabupaten Jombang ,” tutur Wakil Bupati Jombang Sumrambah.

Dalam kegiatan Video Teleconference di ruang JCC (Jombang Command Center) Pemkab Jombang, selain dihadiri Bupati Jombang dan Wakil Bupati Jombang, juga dihadiri Plh. Sekretaris Daerah Kabupaten Jombang Eksan Gunajati, Kepala Diskominfo Budi Winarno, Kepala PPKB PPPA, Nur Kamalia yang juga selaku Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Jombang, Kepala BPBD, Abdul Wahab serta Kabag Pembangunan.

Pewarta Kabarjagad Agus Situju Haerah

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below