Sekretaris Menko Perekonomian RI Kunker Ke Bumi Reog Tanam Perdana Pisang Cavendish

Posted by: Reply 54 Views

KJ, Ponorogo – Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) RI Susiwijono Moegiarto SE, ME Sabtu 3 April 2021 sekitar pukul 09.00 – 13.45 WIB melakukan Kunjungan Kerja ke Ponorogo, Jawa Timur. Kunker Sekretaris Menko Perekonomian ke bumi reog ini dalam rangka Penanaman Perdana Tanaman Pisang Cavendish di Persawahan Jalan Raya Pulung – Mlarak Desa Pulung Merdiko, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, dan Pengembangan Klaster Bisnis Padi di Bumses Arum Dalu Desa Ngabar Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo. Program tersebut dalam rangka Pengembangan Hortikultura Berorientasi Ekspor oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI.

Sekretaris Menko Perekonomian RI Susiwijono Moegiarto SE, ME dalam pengarahanya mengatakan, jika di tengah pandemi Covid 19 harus terus berusaha untuk bangkit terutama di sektor perekonomian, khusus di Ponorogo dilakukan MoU sekaligus penanaman perdana sehingga bisa segera meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.”Program penanaman pisang cavendish ini merupakan konsep unggulan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Ponorogo. Selain pisang masih banyak komoditi unggulan lainnya yang dapat diupayakan di wilayah Kabupaten Ponorogo,” katanya.

Susiwijono menjelaskan jika Presiden RI menyampaikan bahwa tahun 2021 adalah untuk pemulihan ekonomi, Indonesia masuk dalam negara yang tergabung dalam G20 dengan pertumbuhan ekonomi yang cukup signifikan.” Kegiatan ekspor terus kita dorong terutama sektor pertanian yang memiliki kontribusi 13,7 persen,” lanjutnya.

Sementara itu, Government and Corporate Affairs Director PT. Great Giant Pineapple (GGP) drh. Willy Sugiono menyebutkan jika Kegiatan hari ini untuk memberikan percontohan kepada masyarakat terkait program penanaman pisang yang sudah dimulai dari tahun 2012. Dengan adanya program di Ponorogo ini maka kebutuhan pisang cavendish untuk daerah Jawa Tengah dan sekitarnya akan disuplai dari Ponorogo.”Kegiatan kita bukan CSR seperti filantropi akan tetapi kita sharing value dengan memberdayakan petani,” katanya.

Menurutnya, Pendampingan kepada petani akan terus dilakukan mulai pembibitan sampai dengan pemasaran karena untuk kualitas ekspor, PT GGP mempunyai sertifikasi tingkat internasional dan terdapat aturan yang harus diperhatikan.”Semoga dengan kegiatan ini dapat meningkatkan kemakmuran masyarakat sekitar,” harapnya.

Sedangkan Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko memohon bimbingan agar Ponorogo bangkit salah satunya dengan program penanaman pisang cavendish ini sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.” Ada 90 desa di 10 kecamatan di Ponorogo yang layak untuk ditanami pisang cavendish,” katanya.

Sekitar Pukul 12.45 – 13.45 WIB Kunjungan dilanjutkan dengan Peninjauan Pengembangan Klaster Bisnis Padi dan diskusi dengan 20 petani bertempat di Bumdes Arum Dalu Desa Ngabar Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo.(AZ)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below