Wakil Bupati Jombang, Ikut Rakor Pengawasan Aset Daerah bersama KPK

Foto: Sumrambah (kanan) saat mengikuti Rakor bersama KPK diruang Wakil Bupati secara virtual.

KJ, Jombang – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia, menyelenggarakan Rapat koordinasi Pengawasan Pengelolaan Aset Daerah dengan Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota se Jawa Timur secara virtual.

Wakil Bupati Jombang Sumrambah, yang hadir mewakili Bupati didampingi Asisten 3, Staff Ahli Bupati, Kepala Inspektorat, Kepala BPKAD, Kepala ATR/BPN Jombang mengikuti Rakor tersebut dari Ruang Rapat Wakil Bupati pada, Senin (15/2/2021).

Menteri Agraria Tata Ruang (ATR) dan Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Jalil, dalam video konferensi pembukaannya mengatakan, salah satu fokus kegiatan koordinasi pencegahan KPK adalah penyelamatan aset daerah yang harus menjadi perhatian supaya bagaimana pola manajemen aset daerah.

Menurutnya, ada empat indikator untuk menilai daerah dalam mengelola aset-asetnya, yakni keberadaan basis data, pengaturan, sertifikasi, serta penertiban dan pemulihan aset daerah,” kata Sofyan Jalil.

Terpisah, Khofifah Indar parawansa, menyampaikan masih adanya aset-aset daerah yang bermasalah di wilayah Provinsi Jatim. Gubernur menegaskan bahwa dalam waktu dekat KPK akan duduk bersama dengan Pemerintah Daerah dan BPN, serta akan mengajak Kejaksaan sekiranya diperlukan untuk mendukung pengembalian tanah-tanah Pemda yang dikuasai pihak ketiga, termasuk juga aset-aset BUMN yang ada di wilayah Jawa Timur, tegas Khofifah.

Gubernur Jawa Timur itu menyatakan, pihaknya sedang menindaklanjuti hasil permufakatan dalam Perjanjian Kerja Sama antara BPN Jatim dengan Pemda Provinsi.

“Perjanjian kerja sama tersebut mencakup tiga pokok kesepakatan, yakni pensertifikasian aset daerah, optimalisasi Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), dan sinkronisasi zona nilai tanah antara data di kantor pertanahan dengan data yang dimiliki pemerintah kabupaten/kota,” pungkas Gubernur Khofifah.(dpa).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below