HUT Ke-31 Perumda Tirta Binangun, Luncurkan Buku Sejarah Berdirinya PDAM Kulon Progo

Kabarjagad.id, Kulon Progo – Untuk pertama kalinya sejak ditetapkan pada 2021 yang lalu, Perumda Air Minum Tirta Binangun gelar peringatan Hari Ulang Tahun Ke-31 berlangsung di Taman Budaya Kulon Progo, Selasa (2/8/2022).

Direktur Perumda Tirta Binangun Jumantoro, SE menyampaikan peringatan Hari jadi ini merupakan peringatan pertama yang digelar setelah sebelumnya dilakukan penelusuran sejarah berdirinya Perumda oleh sejarawan Dr. Ahmad Athoillah MA, hingga akhirnya ditetapkanlah 2 Agustus 1983 sebagai hari jadi Perumda Tirta Binangun melalui SK Bupati Kulon Progo Nomor 326/A/2021. Sebelumnya belum ada penetapan hari jadi, dan dari hasil penelusuran hari ini tepat sudah 31 tahun Tirta Binangun berdiri, tetapi pada intinya sarana prasarananya sudah sejak tahun 1983 yang lalu,” kata Jumantoro.

Dikatakan Jumantoro, pada peringatan Hari jadi ini juga turut diluncurkan buku sejarah dan perkembangan PDAM Kabupaten Kulon Progo yang bertujuan mencatat dan mendokumentasikan sejarah perkembangan berdirinya PDAM dari awal sampai saat ini.

“Kita juga meluncurkan buku sejarah dan perkembangan Perumda Tirta Binangun dari awal berdiri hingga sampai saat ini, harapannya sejarah dan perkembangan Tirta Binangun dan orang dapat terus dibaca dan dikenang oleh anak cucu kita nanti,” imbuh Jumantoro.

Jumantoro menambahkan pada peringatan ini mengambil tema Maju bersama Tirta Binangun untuk kesejahteraan masyarakat Kulon Progo”, tema ini sejalan dengan prinsip BUMD yang merupakan lembaga profit daerah yang pada hakekatnya keuntungan yang didapat bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat Kulon Progo sendiri.

“Kami ini BUMD merupakan perusahaan yang pola pikirnya itu profit, tetapi tetap utamanya bagaimana perusahaan ini harus sustainable bisa berkembang menghasilkan laba dan meningkatkan PAD, yang muaranya menjadi pendapatan asli masyarakat atau mensejahterakan masyarakat Kulon Progo,” pungkas Jumantoro.

Sementara itu Pj.Bupati Kulon Progo Drs. Tri Saktiyana M.Si menyampaikan selamat atas hari jadi Tirta Binangun yang pertama kali digelar dan berharap Perumda Tirta Binangun tetap terus berkarya dalam membangun dan mengembangkan usahanya dan tetap menjalankan program sosialnya bagi masyarakat Kulon Progo.

“Intinya jati diri PDAM adalah pengabdian tulus menciptakan karya sosial dan karya usaha, melalui filosofi ini saya minta Tirta Binangun bisa lebih baik lagi dalam merubah air dari tidak bermanfaat menjadi bernilai tinggi yang bertujuan untuk menciptakan karya sosial mensejahterakan masyarakat Kulon Progo,” kata Tri.

Adapun dalam rangkaian peringatan Hari Jadi juga telah digelar beberapa kegiatan antara lain berupa turnamen sepak bola, ziarah ke mantan direktur, anjangsana ke mantan direktur, peluncuran sambungan rumah murah, penyerahan bantuan tempat ibadah, tebar benih ikan, bedah rumah, penghargaan kepada lurah atas kerja sama dalam pengembangan jaringan dan pemasaran, pemilihan pelanggan peduli dan kegiatan lainnya. MC Kab.Kulon Progo.(HMS/dam)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below