Narasumber Seminar Politik, Bupati H. Sunaryanta, Partisipasi Politik Masyarakat Desa Lebih Tinggi

Kabarjagad, Gunungkidul – Puluhan mahasiswa Universitas Nasional DKI Jakarta melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Kalurahan Ngawis Kapanewon Karangmojo selama satu minggu diantaranya di isi dengan seminar politik, Kamis (23/6).

Kegiatan ini melibatkan Sebanyak 102 akademisi , 90 orang diantaranya mahasiswa jurusan ilmu politik dan 12 pendamping. Dalam kegiatan seminar politik ini mengambil tema partisipasi politik yang berkualitas dan berkarakter di era globalisasi dengan menghadirkan narasumber Bupati Gunungkidul H.Sunaryanta, Ketua Bawaslu Gunungkidul Tri Asmiyanto, S.Pd.I, Lurah Ngawis Anjar Kurniawan,.A.Md dan Dr. Drs. Ganjar Razuni, SH., .MSi sekretatis Anggota dewan pertimbangan presiden dosen Ilmu Politik Unas, DKI.Kegiatan pengabdian masyarakat ini di mulai pada tanggal 20 juni hingga 25 juni 2022.

H. Sunaryanta didepan puluhan mahasiswa UNAS mengatakan partisipasi politik masyatakat desa lebih tingi mencapai 80 persen, melihat kondisi masyarakat desa berbeda dengan kota.
Dibanding dengan negara maju karakter masyarakat desa sangat berbeda
Di desa yang guyup rukun, kegotong royongan sangat tinggi dan berpengaruh pada partisipasi politik mencapai 80 persen.

Hal ini menandakan tingkat kesadaran sangat tinggi dalam memilih pemimpin

“Berbeda dengan masyarakat kota hal ini tidak lepas di pengaruhi oleh karakter”. Kata bupati

Seperti contoh dengan kegiatan rasulan sebagai, rasa sukur atas karunia dan rizki yang diberikan dari Tuhan, secara tidak kangsung merupakan implementasi dari pancasila.

Bupti juga menyinggung mengenai peran masyarakat yang sangat berkontribusi dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Gunungkidul yang mencapai 5,22 persen lebih tinggi dari angka nasional 4,8%.

Hal ini tidak lepas dari peran dan dukungan masyarakat di sektor pertanian, peternakan dan UMKM.

Sentara itu Dr.Ganjar mengucapkan terimakasih atas peran dan dukungan pemerintah Gunungkidul dengan diterimanya mahasiswa Universitas Nasional untuk melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat.

Hadir dalam kegiatan tersebut bupati Gunungkidul H.Sunaryanta, Ketua Bawaslu Gunungkidul Tri Asmiyanto, S.Pd.I, Lurah Ngawis Anjar Kurniawan,.A.Md dan Dr. Drs. Ganjar Razuni, SH., .MSi sekretatis Anggota dewan pertimbangan presiden dosen Ilmu Politik Unas, DKI. panewu Karangmojo Drs. Marwatahadi, M.Si, Perangkat desa dan mahasiswa UNAS.(HMS/dam)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below