Pamitan Calon Jamaah Haji, 40% Jamaah Berusia Lanjut

Kabarjagad.id, Surabaya – Penyelenggaraan ibadah haji tahun 2023 di Bantul kali ini penuh tantangan karena 40% calon jamaah haji berusia lanjut. Setelah adanya pembatasan keberangkatan calon jamaah haji pada Tahun 2022 maksimal berusia 65 tahun, akhirnya tahun ini para jamaah lansia bisa diberangkatkan.
Sebanyak 944 calon jamaah haji dan 27 petugas pendamping haji berpamitan kepada bupati dan jajaran Forkopimda Kabupaten Bantul di Pendopo Parasamnya Kompleks Kantor Bupati Bantul pada Senin(22/5/2023).

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat, Pambudi Arifin Rakhman, S.I.P., dalam laporannya mengatakan bahwa pada tahun ini, calon jamaah haji dari Kabupaten Bantul dibagi menjadi empat kloter. Terdapat 92 calon jamaah yang gagal berangkat karena sakit dan meninggal. Calon jamaah haji termuda berusia 19 tahun berasal dari Kalurahan Panggungharjo, Sewon, dan yang tertua berusia 93 tahun dari Kalurahan Poncosari, Srandakan.

Pada kesempatan tersebut, Kwintarto Heru Prabowo, S.Sos., sebagai perwakilan calon jamaah haji memohon doa restu kepada Bupati Bantul serta jajarannya agar nantinya dalam melakukan ibadah rukun maupun sunah haji dapat diberikan kelancaran dan kemudahan serta selalu diberikan kesehatan dari berangkat hingga pulang.

Pada tahun ini, banyak calon jamaah haji lansia. Namun kami yakin dengan semangat kami calon jamaah haji yang nantinya tidak hanya beribadah, tetapi juga saling mendukung, membantu, dan menguatkan. Maka kita semua akan diberikan kelancaran. Kami juga mohon doa restu agar diberikan kemudahan, selalu kuat, sabar, dan ikhlas dalam menjalankan ibadah rukun maupun sunah haji, sehingga nantinya bisa menjadi haji yang mabrur,” kata Kwintarto.

Sementara itu, Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, dalam sambutannya berharap agar para calon jamaah haji selalu mematuhi peraturan dan arahan dari para petugas pendamping haji. Selain itu, juga selalu menjaga kekompakan dan kebersamaan, serta saling mengingatkan dan tolong menolong.

Kami juga berharap agar para calon jamaah haji tidak lupa untuk mendoakan Kabupaten Bantul tercinta ini agar terus maju dan masyarakatnya sejahtera. Selamat menunaikan ibadah haji, semoga diberikan kelancaran, kesehatan, dan nantinya menjadi haji yang mabrur,” pungkas Halim. (Dam)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below