Pemerintah Gelontorkan Milyaran Rupiah Untuk Mengolah Limbah, Bupati Sunaryanta Berharap Setiap Kapanewon Ada Satu Pengolahan

Kabarjagad.id, Gunungkidul – Limbah selalu menjadi langganan permasalahan yang selalu dihadapi disetiap daerah, guna mengolah limbah baik sampah maupun yang dihasilkan oleh masyarakat Bupati meresmikan Tangki Septik Individu, IPAL Komunal dan TPS-3R DAK Bidang Sanitasi Tahun 2022 di TPS-3 Patuk, Rabu (23/11).

Lurah Patuk, Catur Bowo berterimakasih atas pembangunan tersebut menyangkut dengan banyaknya objek wisata di daerah Patuk, dan pasti memerlukan pembuangan sampah yang memadai.Perlunya tempat pengolahan sampah ini untuk mengolah sampah utamanya dari tempat wisata yang pasti cukup banyak,” ujarnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul, Irawan Jatmiko mengatakan pihaknya sudah membangun Tempat Pembuangan Sampah (TPS3R), IPAL Komunal, dan Tangkiseptik Individu dibeberapa titik di Kalurahan.

“Pengalokasian biaya untuk pembangunan Sanitasi ini sendiri mencapai Rp 5 miliar,” ujarnya.

Untuk biaya pembangunan TPS3R yakni Rp 2,165 miliar dengan rincian dilima kalurahan setiap kalurahan memakan biaya sebesar Rp 433 juta.

Dan untuk pembangunan IPAL Komunal dibangun diempat Kalurahan total biaya Rp 1,8 miliar dengan rincian Rp 450 juta setiap Kaluraharan.

Sedangkan pembangunan Tangkiseptik Individu menelan biaya Rp 1,375 miliar dilima Kalurahan dengan biaya disetiap kelurahan yaitu Rp 275 juta.

Bupati Gunungkidul, H. Sunaryanta sendiri mengatakan Pemerintah Daerah pada tahun 2023-2024 akan menggelontorkan dana untuk fokus pembangunan infrastruktur di desa.

“Kita akan berfokus pada infrastruktuf, salah satunya pengolahan sampah ini seharusnya disetiap Kapanewon itu memiliki satu pengolahan,” ucapnya.Bupati juga menambahkan, kedepan masalah sampah ini pasti akan semakin besar terkait dengan Gunungkidul dengan potensi pariwisatanya yang sudah jelas akan banyak sampah salah satunya yang dihasilkan dari pengunjung.(HMS/dam)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below