Rela Turuni Bendungan DAM Bawah Tanah Sedalam 104 Meter, Bupati Sunaryanta Cek Lansung Kerusakan Pipa Air Bribin II

Kabarjagad.id, Gunungkidul – Bupati Gunungkidul Sunaryanta baru-baru ini meninjau Bendungan atau Dam Bribin II yang terletak di Desa Ngalangombo, Dadapayu, Kapanewon Semanu, Selasa siang (28/11/2023).

Bukan tanpa alasan, pengecekan tersebut terkait dengan Dam yang mengalami kerusakan, terletak 104 meter di bawah permukaan tanah Dam tersebut rusak karena dampak dari badai cempaka beberapa waktu lalu.

“Sedang dicek, saya lihat tadi kerusakannya luar biasa, sambungan pipanya patah dan air menghantam ruang mesin, debitnya cukup besar 500 liter per detik,” papar Bupati saat ditemui dilokasi.

Ia juga menjelaskan untuk anggaran perbaikan sendiri ke depan Bupati akan langsung ke pusat untuk anggaran perbaikan,

“Cukup besar debitnya karena bisa memenuhi kebutuhan air di tiga Kapanewon, yakni Semanu, Rongkop, dan Girisubo,” jelasnya

Menjadi Dam bawah tanah satu-satunya di dunia, untuk review desain anggaran perbaikan mencapai 45 miliyar, ini disampaikan Wardani selaku Satker Op SDA Serayu Opak.

“Anggaran sebesar itu untuk biaya perbaikan, yang masih bagus kita amankan dan yang rusak kita perbaiki, karena kalau untuk mengganti biayanya tinggi sekali,” katanya.

Ia juga menambahkan untuk saat ini pihaknya masih menunggu keputusan dari PUPR pusat untuk biaya perbaikan,

“Yang rusak itu modul penggerak untuk pemompa air ke atas, ada beberapa yang rusak, dan mainnya yang rusak,”

Ditanya soal lama perbaikan, Wardani mengatakan belum bisa memastikan karena kerusakan yang cukup parah.

Saat mengecek kerusakan Dam, Bupati didampingi oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Irawan Jatmiko.(Dam)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below