Lahan 1 Hektar Terbakar, Lurah Sisir Kota Batu : Diduga Ada yang Sengaja Membakar

Kabarjagad.id, Kota Batu – Armada Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Batu bergerak cepat setelah mendapat laporan dari warga terkait kebakaran lahan kering disekitar Jl. Wilis, wilayah RW 08, Kelurahan Sisir, Kota Batu, Rabu (4/10).

Dilokasi lahan yang terbakar, Kasi Damkar Kota Batu, Lendi Agus Susilo, menjelaskan bahwa tadi sekitar pukul 14.10 WIB ada laporan dari warga Kelurahan Sisir terkait adanya kebakaran lahan dekat sungai sekitar Jalan Wilis.

“Tadi ada telpon dari warga Kelurahan Sisir, katanya ada kebakaran lahan, dan kami langsung kami meluncur kelokasi, namun apinya sudah padam, tinggal ada asap-asapnya, jadi kita melakukan pendinginan,” ucapnya.

“Lahan yang terbakar ini perkiraan seluas 1 hektar, diduga ada yang sengaja bakar-bakar, dan kepada masyarakat yang melakukan bakar-bakar lahan atau sampah, agar jangan ditinggal begitu saja, karena apinya bisa menyebar dan bisa menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan,” tambahnya.

Sementara itu, Lurah Sisir Kota Batu, M. Viata Aria Pranaka, menyampaikan terkait adanya kebakaran lahan kering ini diharapkan kepada warga untuk turut menjaga kondisi sekitar, karena saat ini masih musim kemarau, tentunya lahannya kering ada ranting-ranting dan rumput kering yang mudah terbakar, tentunya asapnya mengganggu kesehatan, dan juga kerugian lainnya.

“Pastinya warga harus turut menjaga, karena ini wilayahnya cukup jauh dari pemukiman, tanpa bantuan dari masyarakat untuk menginformasikan, apabila ada orang yang mencurigakan harap segera dilaporkan, untuk antisipasi hal-hal yang merugikan masyarakat,” ujarnya.

Terkait adanya kebakaran lahan kering ini, Viata memprediksi, “Kalau melihat kondisi seperti ini pasti sengaja dibakar, atau bisa juga karena kelalaian, dari membakar potongan rumput lalu apinya merambat itu juga bisa”.

Langkah selanjutnya, Viata juga akan meminta informasi kepada Ketua RW setempat terkait lahan yang terbakar ini. Dan juga kepada Damkar Batu, karena yang memiliki kompeten terkait kebakaran adalah Dinas Pemadam Kebakaran. (Fur)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below