Rumah Zakat Kirim Relawan Bantu Bencana Banjir Di Luwu Utara

Posted by: Reply 69 Views

KJ, Surabaya – Guna mempercepat penanganan bencana banjir bandang di Mussamba, Luwu Utara, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan, Rumah Zakat mengirimkan relawannya ke lokasi bencana, Selasa (14/07/20).

“Saat ini sudah ada 8 orang relawan yang sudah kami turunkan dari Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan ke lokasi bencana untuk melakukan aksi” ujar Murni Alit Baginda, Chief Program Officer Rumah Zakat, dalam siaran pers Rumah Zakat yang diterima redaksi kabarjagad.id, Jumat (17/07/20).

Ia menambahkan, Kamis (16/07) Rumah Zakat Action mendirikan posko utama di Jalan Sultan Hasanuddin (Depan RS Andi Djema Masamba), Sulawesi Selatan. Posko ini dijadikan pusat koordinasi aksi dan juga pusat bantuan untuk warga terdampak bencana.

Selain itu, kata Murni Alit, untuk penanganan bencana di Luwu Utara, Rumah Zakat Action membuat dua fase tahapan aksi penanganan bencana di Luwu Utara, yang disesuaikan dengan kondisi dan fase Bencana di lapangan.

“Pada fase pertama ini yaitu fase tanggap darurat, kita fokus membantu evakuasi, layanan kesehatan, dapur umum, sanitasi (wash), penyediaan logistik, hingga layanan psikososial,” ungkap Murni

Selanjutnya, tambah Murni Alit, di fase Rehabilitasi dan rekonstruksi selain masih terus menyediakan pelayanan kesehatan dan dapur umum yang mungkin masih di perlukan, pendirian sekolah darurat, membangun kembali masjid.

“Rumah Zakat juga akan mulai melakukan pendampingan ekonomi untuk warga terdampak.”tutur Murni Alit.(Tris)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below