Akhirnya, KPU Kota Batu Nyatakan “Terima” Pendaftaran Bacaleg Partai Garuda

Foto : Ketua DPC Kota Batu Partai Garuda, Ida Sa’adah, saat mendapat Syal KPU dari Ketua KPU Batu, Mardiono sebagai pertanda diterimanya pendaftaran bacaleg dari Partai Garuda di Kantor KPU Kota Batu.

Kabarjagad.id, Kota Batu – KPU Kota Batu menerima kembali pengajuan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) dari Partai Garuda untuk mengikuti pesta demokrasi pemilu 2024, hal ini berpedoman dan berdasarkan Surat KPU RI No. 495 tahun 2023 terkait pengajuan kembali bakal calon anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kab/kota akibat kendala Silon, bertempat di kantor KPU Kota Batu jl. Sultan Agung no. 16, Sisir, Kota Batu, kamis (18/5/2023).

Ketua KPU Kota Batu, Mardiono menjelaskan bahwa Partai Garuda sudah mendaftarkan bacalegnya pada hari terakhir tahapan pengajuan bakal calon pada tanggal 14 mei 2023 lalu, sekitar pukul 20.30 wib, dengan membawa berkas SK persetujuan pengajuan Bakal Calon dari DPP Partai Garuda.

“Pada moment terakhir berakhirnya masa pengajuan bakal calon ini partai Garuda belum bisa melengkapi berkas lainnya akibat kendala pada Silon saat melakukan upload berkas oleh DPP Partai Garuda sampai berakhirnya waktu pendaftaran pada 14 mei 2023, pukul 23.59 wib partai garuda belum bisa melengkapi berkas dan akhirnya dinyatakan belum dapat diterima,” jelasnya.

Lebih lanjut, Mardiono menerangkan bahwa pada hari ini (kamis, tanggal 18 Mei 2023) pukul 10.05 wib partai Garuda melakukan pengajuan kembali bakal calonnya, namun karena masih ada beberapa berkas terdapat kesalahan, maka pengajuan dikembalikan untuk diperbaiki kembali.

“Hari ini partai Garuda Kota Batu pada pukul 10.05 wib melakukan pengajuan bacaleg, karena ada beberapa kesalahan lalu berkas dikembalikan untuk diperbaiki, kemudian pada pukul 11.20 wib, berkas dinyatakan lengkap dan akhirnya partai Garuda dinyatakan lengkap dan benar, dengan status ‘DITERIMA’, ” ungkap Ketua KPU Batu Mardiono.

Sementara itu, Ketua DPC Partai Garuda Kota Batu, Ida Sa’adah, menyampaikan rasa syukur yang mendalam, karena Partai Garuda Kota Batu untuk pengajuan pendaftaran Bacaleg dinyatakan diterima oleh KPU Kota Batu.

“Alhamdulillah, akhirnya pendaftaran bacaleg kami dterima oleh KPU Batu,” ungkap Ida Ninis panggilan akrabnya.

Menurut Ida Ninis terkait kendala pengajuan pendaftaran pada tanggal 14 Mei kemarin adalah terkendala di Silon DPP Partai Garuda error tidak bisa dibuka.

“Pendaftaran pada tanggal 14 kemarin ada kendala di Silon DPP lagi error tidak bisa dibuka, hal ini dikarenakan ada penggunaan Silon di waktu bersamaan se-Indonesia, sehingga mengakibatkan error tidak bisa dibuka,” terangnya.

Lebih lanjut, Ida Ninis menjelaskan bahwa Partai Garuda mengajukan total 21 bakal calon untuk di 4 Dapil yang ada di wilayah Kota Batu, ada 10 bakal calon perempuan, dan 11 bakal calon laki-laki. Dan target mendapatkan 5 atau 6 kursi

“Kami mendaftarkan ada 21 Bacaleg, 10 perempuan dan 11 laki-laki. Dapil 1 ada 5 bacaleg, laki-laki 2 dan 3 Perempuan. Dapil 2 ada 4 bacaleg, laki-laki 2 dan 2 perempuan, Dapil 3 ada 5 bacaleg, laki-laki 3 dan 2 perempuan, sedangkan dapil 4 ada 7 bacaleg, laki-laki 4 dan 3 perempuan,” ungkapnya.

Ida Ninis berharap Partai Garuda Kota Batu untuk bisa terbang bisa menembus cakrawala pada pemilu 2024, dan bacaleg Partai Garuda mendapatkan kursi di DPRD Kota Batu.

“Harapan saya, Partai Garuda harus terbang bisa menembus cakrawala di pemilu 2024 dan bisa membawa bacaleg-bacaleg kita ke kursi DPR, dengan target 5 atau 6 kursi,” pungkas Ida Ninis. (Fur)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below