Dewan Desak Pemkot Rekrut Ulang Direksi PDPS

Posted by: Reply 172 Views

KJ, Surabaya – Carut marutnya persoalan keuangan Perusahaan Daerah Pasar Surya disinyalir akibat kekosongan direksi PD Pasar Surya.

Saat hearing dengan Bagian Perekonomian Pemkot Surabaya, Bawas dan Plt. Direksi PD Pasar Surya, Senin (14/10/19) anggota komisi B DPRD Kota Surabaya, Dr. Jhon Thamrun, SH, MH mengatakan, jabatan direksi PD Pasar Surya yang lama kosong membuat kinerja perusaah daerah milik Pemkot Surabaya tersebut terus merosot tajam.

“Kami mendesak pemkot segera melakukan proses ulang direksi Perusahaan Daerah Pasar Surya PDPS.”ujarnya kepada wartawan usai hearing di gedung DPRD Kota Surabaya, Senin (14/10/19).

Ia menambahkan, semakin lama kekosongan direksi yang devinitif dibiarkan, maka permasalah tidak kunjung selesai. Jhon Thamrun menyarankan, jabatan direksi PDPS jangan dibiarkan kosong lah, harus segera diisi karena kita tahu permasalah di PD Pasar itu banyak, belum lagi revitalisasi pasar itu bakal mandek.

Seperti diketahui sejak tahun 2015 silam, posisi direktur utama devinitif perusahan daerah Pasar Surya belum juga terisi. Rekrutmen yang sudah dilakukan beberapa kali, belum juga dapat membuat Pemkot menemukan peserta yang dianggap pantas mengisi posisi tersebut. Perekrutan yang terakhir juga gagal setelah tinggal menentukan pilihan setelah diserahkan ke Wali Kota Surabaya.

“Saya melihat ada sesuatu yang janggal dalam pemilihan Dirut ini, karena pemilihan Dirut sudah diajukan Bawas selama tiga kali berturut-turut, ini ada apa,” tegasnya.

Padahal, kata Jhon, panitia seleksi dalam pemilihan dirut itupun juga diisi oleh orang-orang yang sama. Sebenarnya yang dicari ibu wali kota apa, apakah untuk kemajuan PD Pasar atau ada unsur lain kedepannya. Ini perlu sesuatu yang pasti.

“Tadi sudah saya tanyakan ke Bawas apakah tim seleksi itu sama sehingga hasilnya ditolak, dan dijawab sama,” katanya sambil menirukan ucapan Bawas.

Seharusnya apa yang diajukan oleh Bawas dengan beberapa nama ini harus dipilih, bukan berdasar suka atau tidak suka, cocok atau tidak cocok.

Dalam kurun waktu tiga tahun, laporan keuangan PD Pasar juga selalu mengalami kerugian. Mulai tahun 2016 rugi sebesar tujuh miliar, tahun 2017 rugi sebesar sembilan miliar dan 2018 bisa dua kali lipat kerugianya.

“Selama belum ada Direktur devinitife kondisi PD Pasar akan terus mengalami ketidak pastian, terutama dalam pengelolaan pasar dan target pendapatan. Karena Plt Direktur, tidak akan bisa menyelesaikan masalah,” ungkapnya.(Tris)

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below