Dewan Nilai, Keputusan Pemkot Surabaya Membuka Sekolah Buat Resah Masyarakat

KJ, Surabaya – Rencana Pemkot Surabaya akan membuka kelas sekolah SMP dan SMA dimasa Transisi New Normal, dinilai kalangan legislatif Surabaya, membuat bingung warga kota Surabaya.

Pasalnya, kondisi Surabaya oleh pemerintah pusat maupun Pemprov Jatim sendiri masih rawan terhadap penyebaran pandemi Covid-19.

Anggota Komisi D DPRD kota Surabaya, Ibnu Sobir mengatakan, dalam mengambil kebijakan yang dilakukan oleh Pemkot Surabaya harusnya melihat situasi dan kondisi saat ini, sehingga tidak menimbulkan kebingungan di masyarakat.

“Terus terang saja, saat ini masyarakat sangat bingung dengan kebijakan Pemkot Surabaya di masa transisi new normal saat ini.”ujarnya kepada wartawan di gedung DPRD kota Surabaya, Selasa (11/08/20).

Ia menjelaskan, misalnya kebijakan Pemkot Surabaya terkait pendidikan, apa tidak mungkin Bapak/Ibu guru tidak resah sekarang ini.

Di satu sisi, terang Ibnu Sobir, Kota Surabaya masih belum aman untuk pandemi maka sistem belajar siswa masih daring, disatu sisi Pemkot Surabaya berencana siswa belajar secara off line atau bisa tatap muka di sekolah.

Kegiatan off line ini, kata politisi senior PKS Kota Surabaya ini, merupakan kegiatan baru dari sistem belajar siswa di masa pandemi saat ini, otomatis membutuhkan SDM guru yang lebih banyak lagi.

Karena, bisa saja ada tenaga pendidik yang sedang menjalani karantina sehingga tidak bisa melakukan belajar secara off line, atau tatap muka.

“Saya sangat tidak setuju jika saat ini sekolah dibuka, karena masih rawan terhadap penyebaran virus corona. Kenapa, karena landasan hukumnya tidak ada, tidak ada itu.”tegas Ibnu Sobir.

Dirinya kembali mengatakan, bukankah Pemkot Surabaya melayani masyarakat dengan berbasis hukum yang sah. Apa landasan hukum yang sah, yaitu menurut Kementerian Kesehatan RI bahwa, Surabaya ini statusnya masih zona merah.

“Dengan landasan hukum di atas tadi, semestinya Pemkot Surabaya harus patuh pada pusat. Dimana masih zona rawan pandemi ya tidak boleh sekolah dibuka kembali.”ungkapnya.(Tris)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below