DPRD Ponorogo Gelar Rapat Paripurna Tentang Penyampaian Hasil Reses dan Pengambilan Keputusan Rancangan Peraturan, Kode Etik dan Tata Beracara Badan Kehormatan DPRD

Posted by: Reply 57 Views

KJ, Ponorogo – DPRD Kabupaten Ponorogo Senin 29 Maret 2021, menggelar Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Ponorogo di Lantai 3 Kantor DPRD Jalan Alon-alon Timur No 29 Ponorogo. Rapat dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Ponorogo Sunarto Spd. Hadir pada rapat paripurna tersebut Wakil Ketua DPRD H Miseri Efendi SH MH, Anik Suharto Ssos dan Agus Dwi Prayitno SH,Msi dan sejumlah anggota dewan lainya.

Rapat paripurna DPRD kali ini dengan Tema :

1 Penyampaian hasil reses masa sidang 1 tahun 2021
2.Pengambilan keputusan terhadap rancangan Peraturan DPRD Kabupaten Ponorogo tentang
a. Kode Etik Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Ponorogo
b. Tata beracara Badan Kehormatan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Ponorogo.

Penyampaian hasil reses dibacakan oleh Anik Suharto SSos, Wakil Ketua DPRD Ponorogo, Fraksi Gerindra, sedangkan Kode Etik dan Tata Cara Beracara Badan Kehormatan Dewan di bacakan oleh Sukirno SH, Ketua Badan Kehormatan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Ponorogo.

Ketua DPRD Kabupaten Ponorogo Sunarto Spd menjelaskan, Rapat Paripurna dengan pencapaian hasil reses anggota dan pimpinan DPRD Kabupaten Ponorogo masa sidang 1 tahun anggaran 2021. Disampaikan, bahwa beberapa waktu lalu badan kehormatan DPRD Kabupaten Ponorogo telah selesai merumuskan rancangan peraturan DPRD Kab Ponorogo tentang Kode Etik DPRD Ponorogo , Tata Beracara Badan Kehormatan DPRD Ponorogo, pada perkembangan hari ini rancangan sebagaimana yang kami sebutkan tadi telah dibahas dan telah selesai dengan difasilitasi oleh Gubernur Jawa Timur , hasil fasilitas Gubernur tersebut telah dimasukan dalam rancanan peraturan DPRD tersebut. ” OLeh karena itu, perlu kita masukan agenda pengambilan keputusan terhadap 2 rancangan tersebut.” Terang Sunarto Spd.

Sunarto menambahkah, setelah dilakukan rapat paripurna dan telah memenuhi kuorum maka ke 2 rancangan tersebut telah di sepakati dalam paripurna. Berdasarkan peraturan, sidang paripurna sudah memenuhi kuorum sehingga sudah bisa mengambil keputusan untuk persetujuan.

 

 

Sedangkan Anik Suharto menyampaikan, anggota dewan secara kelompok maupun perseorang memiliki kewenangan untuk mengunjungi daerah pemilihanya guna menyerap aspirasi masyarakat. Berdasarkan jadwal, reses dilakukan pada 18 -24 Maret 2021 oleh 43 orang anggota dan pimpinan dewan. “Kami berharap hasil reses atau penyerapan aspirasi dapat dimasukan dalam rencana kerja pemerintah daerah,” harap Anik Suharto.

Sementara itu Ketua Badan Kehormatan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Ponorogo Sukirno SH mengatakan, Badan Kehormatan DPRD memiliki tujuan untuk menjaga serta memelihara kehormatan, keluhuran dan martabat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Tugas Badan kehormatan adalah untuk menjaga moral, citra dan kredibilitas DPRD.

“Kode Etik Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Ponorogo terdiri dari 13 BABdan 23 Pasal , sedangkan Tata beracara
Badan Kehormatan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Ponorogo terdiri dari 9 BAB dan 46 Pasal. ” Semoa bermanfaat dan menambah kehati-hatian kita dalam menjalankan tugas sehari hari,” harap Sukirno.

Ditambahkan hasil kordinasi Badan Kehormatan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah berupa hasil fasilitasi Gubernur Jatim ,antara lain
pada konsideran ditambakan 1 nomor setela nomor 7, Permedagri No 59 tahun 2019. “Kemudian konsideran angka 8 di rubah angka 9,” tambah Sukirno.(Agus)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below