Komisi A Mediasi Warga Soal Sertifikasi Surat Ijo

Posted by: Reply 121 Views

KJ, Surabaya – Komisi A DPRD Kota Surabaya hanya memediasi antara warga pemegang surat ijo ke Pemkot Surabaya, soal sertifikasi bangunan dan tanah sehingga tidak bisa diklaim Pemkot Surabaya.

Ketua Komisi A DPRD Kota Surabaya, Pertiwi Ayu Krishna mengatakan, dari pertemuan dengan warga yang protes ke Pemkot, bahwa surat ijo lahannya bukan milik Pemkot Surabaya melainkan milik negara, Komisi A hanya bantu mediasi kedua belah pihak.

“Kami sendiri belum tahu jika warga sudah mengajukan sertifikasi ke Kakanwil, baru tahu pas hearing hari ini.” ujarnya kepada wartawan di gedung DPRD Kota Surabaya, Senin (28/10/19).

Ia menambahkan, Komisi A hanya membantu mediasi antara warga pemegang surat ijo dan Pemkot Surabaya, juga langsung ke pusat soal polemik surat ijo, karena ini ranahnya sudah pemerintah pusat.

Pertiwi Ayu Krishna menjelaskan, sebelum pemilu memang pemerintah pusat dalam hal ini kementerian agraria menjanjikan kepada warga pemegang surat ijo, bahwa akan menyelesaikan verifikasi pelepasan tanah yang memang bukan aset Pemkot Surabaya.

“Tapi kami tetap akan berusaha mengkomunikasikan, sehingga apa yang dijanjikan oleh Kementerian pertanahan kemarin dapat terealisasi.” tegasnya.

Politisi senior Partai Golkar Surabaya tersebut menerangkan, soal verifikasi surat ijo ke Kakanwil ranahnya sudah pemerintah pusat, karena ini sebenarnya tanah negara. 

Bunda Ayu, sapaan akrab Pertiwi Ayu Krishna kembali mengatakan, saat ini tuntutan warga pemilik surat ijo dengan Tim Surat Ijo nya sedang melakukan verifikasi ke Kakanwil Kum Ham, dan infonya masih digodok di Kanwil. 

“Nah kalo keputusannya pemerintah menyatakan, bahwa Pemkot harus melepas surat ijo ya kita harus patuhi putusan pemerintah pusat itu.” ungkapnya. (Tris)

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below