Komisi C DPRD Kota Surabaya Tindak Lanjuti Aduan Warga Manukan Tirto

Kabarjagad.id, Surabaya – Komisi C DPRD Kota Surabaya gelar hearing untuk menindak lanjuti pengaduan warga terkait penolakan berdirinya Tower di jalan Manukan Tirto Surabaya. Rapat dengar pendapat bertempat di ruang Komisi C.Rabu, 16/11/2022.

Baktiono Ketua Komisi C DPRD Surabaya mengatakan, bahwa rapat ini yang kedua kali,maka kami berikan solusi semua yang menjadi keluhan warga itu bisa kita singkronkan,baik sampai terjadi kerusakan,kerugian tanah kita minta dalam kesimpulan ini bahwa selisi tanah diradius tower yang bisa membahayakan yakni 52 meter dan ada 7 warga terdampak akan di bantu oleh pemilik tower.

“Apabila sampai tower ambruk celaka semua warga di wilayah tersebut di angsurasikan,”kata Baktiono.

Ketua Komisi C juga menjelaskan ada undang undang ganguan atau HO (Hinder Ordonantie) sebelum peraturan perda atau perwali yang baru ini harus mendapat persetujuan warga sekitar.

Legislator PDI Perjuangan menambahkan bahwa Warga protes karena sejak tahun 2006 tidak pernah dapat sosialisasi dan kompensasi. Warga yang ada di daerah belakang itu tidak pernah memberikan persetujuan, ,berdasarkan undang undang tahun 2014 apabila perizinan tadi tidak memenuhi syarat pada waktu itu ,maka ijin itu akan di tinjau kembali berdasarkan peraturan pada saat ijin tadi di keluarkan dan di laksanakan oleh pemerintah sekarang.(djp)

Dalam rapat tersebut menghasilkan resume yang berisi :
1.Apabila terjadi kerugian akibat kecelakaan tower, pihak provider sudah mengikutkan ansuransi all risk.
2.Gangguan terhadap alat alat komunikasi dan elektronik seperti televisi dan sejenisnya di fasilitasi dan di perbaiki oleh PT.Inti Bangun Sejahtera.
3.Gangguan kesehatan warga di radius tower akibat radiasi di fasilitasi dan  diberi pengobatan oleh PT.Inti Bangun Sejahtera.
4.selisih penurunan harga tanah warga diradius tower akan di tafsir tim indenpendent bersama PT.Inti Bangun Sejahtera bersama warga.
5.PT.Inti Bangun Sejahtera akan membongkar tower dan tidak akan memperpanjang sewa operasional pada Februari tahun 2027.
6.PT.Inti Bangun Sejahtera tidak akan menambah perangkat provider.
7.warga tidak menyetujui lagi berdiri tower di wilayah RW 8 Kelurahan Manukan Kulon Kecamatan Tandes.
8.HO pendirian tower di tinjau kembali apabila tidak memenuhi syarat maka harus di bongkar dalam waktu tempo sesingkat singkatnya.
9.Apabila semua sudah di setujui maka warga tidak boleh menghalang halangi perawatan tower dan petugas dari PT.Inti Bagus Sejahtera harus menunjukan indentitas dan surat keterangan perintah kerja. 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below