Komisi D Dorong BPJS Kesehatan Percepat UHC Warga Surabaya

Posted by: Reply 120 Views

KJ, Surabaya – Komisi D DPRD Kota Surabaya mendorong BPJS Kesehatan Kota Surabaya, gar segera merealisasikan cakupan jaminan kesehatan bagi seluruh warga Kota Surabaya, atau Universal Health Coverage (UHC). 

Sekretaris Komisi D DPRD Kota Surabaya, Dr. Akmarawita Kadir mengatakan, kinerja BPJS Kesehatan Kota Surabaya sudah cukup baik.  Indikatornya adalah, dimana cakupan jaminan kesehatan masyarakat Kota Surabaya atau UHC sudah mengcover 2,9 juta atau 88% warga Surabaya tercoverage BPJS Kesehatan.

“Nah Komisi D mendorong agar UHC BPJS Kesehatan Kota Surabaya bisa mencapai 100%.” ujarnya kepada wartawan di gedung DPRD Kota Surabaya, Jumat (13/12/19).

Ia menjelaskan, dari data BPJS Kesehatan Kota Surabaya yang dirilis ke Komisi D, rata-rata warga Kota Surabaya yang belum tercover jaminan kesehatan adalah orang yang mampu secara ekonomi, melainkan bukan masyarakat yang tidak mampu atau Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR)

Hal ini, kata Dr. Akmarawita Kadir, Komisi D dan BPJS Kesehatan akan mencari kiat-kiat agar warga yang mampu secara financial economi, segera mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan. 

Politisi Partai Golkar Kota Surabaya tersebut menambahkan, sebelum mencapai 100% UHC jaminan kesehatan Komisi D akan meneliti dahulu data dari BPJS Kesehatan, lalu kita dorong BPJS Kesehatan untuk mencari peserta baru seperti karyawan.

Dr. Akmarawita kembali menambahkan, kemudian warga yang sudah ikut asuransi kesehatan swasta atau mandiri, ini bisa ditarik menjadi peserta di BPJS Kesehatan dengan skema kerjasama win-win solution.

“Yang pasti Komisi D mendorong BPJS Kesehatan agar warga Surabaya 100% sudah tercover jaminan kesehatan nasional atau JKN.” ungkapnya. (Tris)

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below