Komisi D DPRD Surabaya Dukung Walikota Untuk Membenahi Layanan Kesehatan

Kabarjagad.id,Surabaya – Komisi D DPRD Kota Surabaya mendukung upaya Wali Kota Surabaya untuk membenahi layanan kesehatan di RSUD dr Soewandhie yang lambat sehingga terjadi antrean panjang saat warga berobat.(1/12/2022). 

“Dalam rangka melakukan pembenahan itu, bisa dengan cara melakukan sidak (inspeksi mendadak) ke rumah sakit atau puskesmas. Dengan sidak, kita bisa tahu bagaimana layanan kesehatan itu berjalan sehari-harinya. Jika ada yang tidak beres, akan ketahuan,” kata Ketua Komisi D DPRD Surabaya Khusnul Khotimah.

Menurut dia, perbaikan layanan kesehatan tidak hanya di RSUD dr Soewandhie, tapi juga fasilitas kesehatan lainnya, seperti di RSUD Bhakti Dharma Husada (BDH) dan 63 puskemas yang tersebar di Kota Surabaya.

Jika ada layanan yang lambat, lanjut dia, langsung bisa dievaluasi dan dicarikan solusinya. Apakah lambatnya layanan itu memang karena petugas lambat bekerja, atau kekurangan jumlah SDM.

“Jika lambatnya layanan itu karena kurangnya SDM, bisa dilakukan penambahan SDM. Apalagi nanti ada rekrutmen PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja). Itu bisa dimanfaatkan,” ucapnya.

Jika lambatnya layanan karena petugas kurang bekerja optimal, hal itu yang harus mendapat pembinaan.

“Pembinaan itu macam-macam. Bisa dengan teguran keras atau memberikan pelatihan khusus agar petugas mampu bekerja maksimal,” ujarnya.

Mengenai RSUD dr Soewandhie yang baru saja disidak Wali Kota Eri Cahyadi dan menemukan lambatnya layanan di rekam medis, Khusnul mengatakan, wali kota harus melakukan evaluasi secara menyeluruh sebab layanan rekam medis itu layanan yang vital.

“Jangan sampai karena menguber layanan cepat, tapi diagnosis asal-asalan. Ini menyangkut nyawa seseorang. Jadi wali kota harus melakukan evaluasi. Jika lambatnya layanan karena kurangnya SDM, ya ditambah SDM-nya. Tapi kalau karena petugasnya, ya diberikan pembinaan yang tepat,” pungkasnya.(djp)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below