Komisioner KPU Surabaya: Semua APK Harus Bersih Sehari Sebelum Pemungutan Suara

Kabarjagad.id, Surabaya – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya menyatakan bahwa pembersihan alat peraga kampanye (APK) merupakan tanggung jawab dari masing-masing peserta pemilihan umum (pemilu).

Karena itu, jika pada hari tenang pemilu,11-13 Februari 2024 masih ada APK yang terpasang, maka peserta pemilu harus segera membersihkannya.

“Kami memastikan KPU selaku penyelenggara pemilu itu sifatnya hanya mengkoordinasikan saja. Karena dalam peraturan perundangan-undangan yang berkewajiban membersihkan adalah peserta pemilu dan tim kampanye capres/cawapres,” ujar Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih,Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia KPU Kota Surabaya, Subairi saat media Gathering di Leedon Hotel and Suites Surabaya, Senin (12/2/2024).

Menurut Subairi, KPU sudah berkoordinasi dengan Bawaslu Kota Surabaya, Satpol PP, Bakesbangpol,Dinas Perhubungan, Minggu (11/2/2024) dini hari, dan setelah apel di Balai Kota Surabaya terus bergerak ke titik lokasi penertiban yang diawali dari Jalan Kayoon, karena di situ ada APK yang difasilitasi KPU. Kemudian dilanjutkan ke sepanjang Jalan A Yani hingga Waru, kemudian putar balik ke Tugu Pahlawan.

Dia menegaskan, pembersihan ini dalam rangka bersama-sama untuk memastikan bahwa pada masa tenang ini seluruh APK sudah dibersihkan.”Jadi selama masa tenang ini sudah tidak ada lagi APK yang terpasang,” tegas dia.

Terkait pembersihan APK ini, lanjut dia, pihaknya sudah menginstruksikan ke seluruh tingkatan KPU di bawah, baik di PPK tingkat kecamatan dan PPS di tingkat kelurahan melakukan hal yang sama.

“Koordinasi pembersihan APK berlangsung serentak di wilayah Surabaya, kecamatan, hingga kelurahan maupun di perkampungan,”beber dia.

Bairi menambahkan,
target semua APK harus bersih sehari sebelum pemungutan suara, 14 Februari 2024.

“APK tidak harus bersih hari ini. Bisa sampai besok. Yang jelas, sebelum pemungutan suara sudah harus bersih total dari APK,” katanya.

Seperti diketahui, APK peserta pemilu, sesuai aturan Pasal 36 PKPU Nomor 15 Tahun 2023, APK pemilu harus sudah dibersihkan oleh peserta pemilu paling lambat 1 hari sebelum hari pemungutan suara.(djp)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below