Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tulungagung Penyampaian Ranperda

Kabarjagad, Tulungagung – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Tulungagung melaksanakan rapat paripurna dalam rangka penyampaian ranperda inisiatif DPRD Tulungagung masa sidang III Tahun Sidang III Periode Mei s/d Agustus 2022serta pembentukan panitia khusus DPRD.

Rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Tulungagung, Marsono SSos ini berlangsung mulai Pukul 13.00 di Ruang Graha Wicaksana Kantor DPRD Tulungagung.Anggota Bapemperda DPRD Tulungagung, H Renno Mardi Putro, S.Pd , yang membacakan ranperda inisiatif dewan masa sidang III tahun sidang III.

Ia menyebut ada empat ranperda inisiatif dewan Keempat ranperda itu masing-masing adalah Ranperda tentang Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, Ranperda tentang Pencegahan Penanggulangan Stunting, Ranperda tentang Pencegahan perkawinan Anak usia Dini, Ranperda tentang Penyelenggaraan Perumahan dan Kawasan Pemukiman.

Hadir dalam rapat Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibowo, S.E, Sekda Tulungagung Drs Sukaji, M.si, beberapa Staf Ahli serta Kepala OPD terkait di lingkup Pemerintah Kabupaten TulungagungDalam Sambutannya Bupati Tulungagung yang dibacakan oleh Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibowo, S.E menyampaikan Ranperda guna mendapatkan Pembahasan dalam rapat-rapat Pansus Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

Adapun Ranperda tersebut adalah Perubahan Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Tulungagung Tahun 2022-2042,

Pembentukan Ranperda Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Tulungagung Tahun 2022-2042 merupakan suatu bentuk upaya evaluasi terhadap RTRW Kabupaten Tulungagung yang telah ditetapkan.

Untuk menghitung tingkat kesesuaian perencanaan yang dibuat dan realisasinya serta terhadap perubahan dan tuntutan dinamika masyarakat dan pemerintahan yang terjadi melalui metode yang telah ditetapkan. Proses ini telah dilakukan sejak Tahun 2017, dengan rekomendasi revisi terhadap RTRW Kabupaten Tulungagung Tahun 2012-2032 dan telah ditetapkan dengan Perda Kabupaten Tulungagung Nomor 11 Tahun 2012.

Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibawa juga mengapresiasi atas 4 (empat) Ranperda yang merupakan inisiatif DPRD, yaitu Ranperda tentang :
Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, Pencegahan dan Penanganan Stunting, Pencegahan Perkawinan Anak Usia Dini, Penyelenggaraan Perumahan dan Kawasan Permukiman.

Harapannya dengan ranperda-ranperda tersebut dapat mendukung upaya peningkatan pelayanan dan pemberdayaan kepada masyarakat di Kabupaten Tulungagung sehingga dapat berdampak pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

Jelang akhir rapat paripurna dibacakan pula keanggotaan panitia khusus (pansus) yang akan membahas enam ranperda dalam masa sidang I tahun sidang III (September – Desember 2021). Pembacaan keanggotaan pansus ini oleh Ketua DPRD Tulungagung Marsono, S.Sos.(Richi)

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below