Sampaikan Aspirasi, DPRD Gelar Rakor bersama Penjabat Wali Kota Batu

Foto : DPRD Kota Batu dan PJ Wali Kota Batu saat melaksanakan rapat koordinasi di ruang rapat utama DPRD Kota Batu.

Kabarjagad.id, Batu – Rapat Koordinasi (Rakor) Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batu dengan Penjabat (PJ) Wali Kota Batu Aries Agung Paiwae, di Ruang Rapat Utama DPRD Kota Batu, selasa (24/1).

Ketua DPRD Kota Batu Asmadi, menjelaskan bahwa Rapat Koordinasi ini, tujuan yang pertama adalah silaturahmi dan perkenalan dengan PJ Wali Kota Batu yang baru dilantik pada tanggal 19 Januari 2023, dan kedua adalah penyampaian tentang aspirasi-aspirasi Dewan yang belum ada tindak lanjut.

“Rakor ini bertujuan yang pertama adalah silaturahmi dan perkenalan, untuk yang kedua adalah sesuatu yang selama ini ada dipundaknya Dewan, yaitu aspirasi-aspirasi yang sudah tersampaikan, namun tidak ada tindak lanjut,” ucapnya.

Lanjutnya, Ia mengungkapkan “Bahwa, seperti tadi soal PAD, memang selama ini ya riel dan itu yang terjadi, kesannya sudah dilakukan soal pembahasan anggaran, kemudian disampaikan bahwa ini titip untuk masyarakat dibuatkan jalan tembusan, tapi kenyataannya.. jalan ditempat, dan itu yang sering terjadi.”

Terkait PAD yang tahun sebelumnya ditargetkan Rp 180 milyar, dan saat ini karena pandemi sudah mulai normal itu ditarget sejumlah Rp 250 milyar, namun dinilai berat.

“Seperti PAD yang ditargetkan kemarin itu Rp 180 milyar, kemudian sekarang pandemi sudah melandai dan bahkan sudah menormal itu ditarget Rp 250 milyar, iku koyok uabot.. ono opo seh sakjane? (itu kayak berat sekali.. ada apa sih sebenarnya?), Batu ini kan kunjungannya mencapai 7 juta orang dan semuanya pasti bawa uang, makan disitu, tidur disitu, pulang bawa oleh-oleh, kemudian bawa kendaraan, dan parkirnya saja tidak terpenuhi,” ungkap Ketua DPRD Kota Batu.

Sementara itu, PJ Wali Kota Batu Aries Agung Paiwae menyampaikan bahwa dalam rakor ini tadi banyak masukan-masukan dari Pimpinan dan Anggota Dewan, dan ini akan disimpulkan dan di satukan dulu.

“Tentunya masukan-masukan dari teman-teman Dewan akan kita simpulkan dulu dan satukan dulu, karena kami perlu berkoordinasi dulu dengan OPD-OPD semua dan Sekda, apa-apa yang sudah menjadi catatan akan kami bahas berbagai masukan dari teman-teman Dewan tadi, dan masukan Dewan itu juga adalah masukan dari Masyarakat,” ujarnya.

Lanjutnya, Aries menyampaikan bahwa “Jadi kita perlu segera melakukan aksi cepat, nanti pak Sekda dan para OPD, saya juga mencoba mengevaluasi tadi ada Perijinan, PAD, SiLPA, dan permasalahan yang ada di daerah pariwisata, SDM, Kepala Desa, dan lain-lain, tentunya inikan harus kita evaluasi bersama lebih dulu, kita tidak bisa langsung melakukan langkah, tetapi tidak melihat dari kemampuan teman-teman yang ada di perangkat Daerah Kota Batu.”

Semua masukan akan diprioritaskan, karena sudah terbagi dengan para OPD yang ada, dan dengan adanya perangkat Daerah yang bersinergi maka semua bisa berjalan bersama-sama. (Fur) 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below