Sosialisasi Budaya Mutu dan Keselamatan Pasien pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan di Desa Bulukerto Kota Batu

Posted by: 147 Views

Anggota Komisi IX DPR-RI, Krisdayanti dalam Sosialisasi Budaya Mutu dan Keselamatan Pasien pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan di Desa Bulukerto, Kota Batu. (Foto: Furkon/KJ)

Kabarjagad.id, Kota Batu – Komisi IX DPR-RI Fraksi PDI-P Krisdayanti (KD) bersama Direktorat Mutu Pelayanan Kesehatan dan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan melaksanakan “Sosialisasi Budaya Mutu dan Keselamatan Pasien di Fasilitas Pelayanan Kesehatan”, bertempat di Balaidesa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Sabtu (8/6/2024) pagi.

Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi pentingnya kesehatan, terutama bagi pasien yang berobat ke Rumah Sakit, terkait kepengurusan administrasi, pengobatan, penanganan pasien yang sesuai prosedur dengan baik. Selain itu, juga mengedukasi terkait Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

Dalam kesempatan ini, Krisdayanti mengapresiasi antusias dari masyarakat Desa Bulukerto menghadiri sosialisasi ini, “Antusias masyarakat Desa Bulukerto sangat luar biasa, ini terbukti dengan kehadiran ratusan warga, disini tentunya kami mengajak masyarakat untuk hidup sehat, yang mana sehat harus berawal dari diri sendiri,” ungkapnya.

Dalam sosialisasi ini, KD menekankan pentingnya keselamatan pasien di Rumah Sakit, “Keselamatan pasien di rumah sakit merupakan suatu sistem yang menjamin pasien lebih aman. Keselamatan pasien merupakan bagian yang harus diupayakan dalam peningkatan mutu pelayanan kesehatan di Rumah Sakit,” tandas KD.

Sesuai dengan tema sosialisasi pada pagi hari ini ‘Sosialisasi Budaya Mutu dan Keselamatan Pasien di Fasilitas Pelayanan Kesehatan’, bisa memberikan informasi segala hal yang terjadi di fasilitas kesehatan, “Nanti Ibu dan Bapak bisa bertanya dan berdiskusi langsung kepada narasumber yang hebat,” tambah KD.

Selain itu, KD juga berpesan bahwa melakukan hidup sehat harus CERDIK, yang artinya adalah (C) Cek kesehatan secara rutin, (E) Enyahkan rokok, (R) Rajin olahraga, (D) Diet seimbang, (I) Istirahat yang cukup, (K) Kelola stress.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh Narasumber, Direktur Mutu Pelayanan Kesehatan RI, Deblora, Plt Kadinkes Kota Batu, Aditya Prasaja, Kepala Desa Bulukerto, Suhermawan, dan diikuti oleh 500 masyarakat Desa Bulukerto.

Sementara itu, Kepala Desa Bulukerto, Suhermawan berharap dengan adanya sosialisasi ini, masyarakat Desa Bulukerto mendapat informasi terkait sistem pelayanan kesehatan, mulai dari dasar sampai ke tingkat Kota itu bisa terpenuhi dengan baik untuk warga masyarakat.

“Melalui kegiatan sosialisasi ini, harapannya supaya warga bisa lebih tahu lebih paham terkait sistem atau mekanisme pelayanan kesehatan, mulai dari surat-menyurat administrasi, rujukan, sampai di pelayanan KIS dan BPJS yang ada di kota Batu,” harap Kades Suhermawan. (Fur)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below