Sosialisasi GERMAS, Kemenkes RI bersama Krisdayanti Ajak Masyarakat Desa Pesanggrahan untuk Hidup Sehat

Sosialisasi dan Edukasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di Balaidesa Pesanggrahan, Kecamatan Batu, Kota Batu. (Foto: Furkon/KJ)

Kabarjagad.id, Kota Batu – Komisi IX DPR-RI Fraksi PDI-P Krisdayanti yang akrab disapa KD bersama Kementrian Kesehatan Republik Indonesia melaksanakan sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di Balaidesa Pesanggrahan, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jum’at (7/6/2024).

Dalam kegiatan Sosialisasi Germas ini, Krisdayanti mengaku senang, karena sosialisasi ini dihadiri 600 masyarakat Desa Pesanggrahan yang mendapat edukasi bagaimana gerakan masyarakat hidup sehat.

Tidak hanya itu, Masyarakat bersama Kementrian Kesehatan RI, Legislator (Krisdayanti Komisi IX DPR-RI Fraksi PDI-P), Lembaga dan Perangkat Desa, telah bersama-sama melakukan penandatanganan Komitmen melakukan gerakan masyarakat hidup sehat.

“Kami bersama-sama dari Kementerian, dari Lembaga, Legislator, Perangkat Desa dan Warga, kami tandatangani sebuah komitmen untuk bersama-sama mau melakukan gerakan masyarakat hidup sehat,” ungkap KD

Kenapa membutuhkan komitmen ini, tandas KD, karena diperlukan bergerak bersama-sama untuk hidup sehat. Dan itu wajib dimulai dari diri sendiri.

“Ketika kita sudah mengklaim dan menunjuk dari diri kita, memulai dari diri kita sendiri, kita harus punya semangat, dan juga menyebarkan keseluruh masyarakat bahwa gerakan masyarakat sehat itu sangat penting. Karena kita tahu, bahwa dari lingkungan yang sehat, kita bisa memulai hidup sehat.

Dari sosialisasi ini walaupun terkesan seperti monolog, KD berharap bahwa masyarakat Desa Pesanggrahan bisa memanfaatkan momen ini untuk berkonsultasi, bertanya hal-hal yang positif untuk mendapatkan informasi serta edukasi terkait kesehatan masyarakat.

“Sosialisasi ini penting, walaupun terkesan seperti monolog, namun bisa berkonsultasi langsung, lalu bisa menyerap aspirasi dari mereka, dan mereka bisa menanyakan hal-hal positif dari kita. Komunikasi dua arah ini dibutuhkan, karena selama ini mereka melihat di sosmed, dan lain-lain, bagaimana cara kita preventif dari demam berdarah. Selain mereka bisa menjawab, mereka juga bisa mempraktekkan langsung,” tandas KD.

Dalam sosialisasi ini, dr. Yuni Astutik dari Dinas Kesehatan Kota Batu mengatakan bahwa ada tujuh langkah penting dalam menjalankan Germas, antara lain : 1. Melakukan aktivitas fisik, 2. mengkonsumsi sayur dan buah, 3. Tidak merokok, 4. Tidak mengkonsumsi alkohol, 5. Memeriksa kesehatan secara rutin, 6. Membersihkan lingkungan, 7. Menggunakan jamban.

“Tetap terapkan perilaku hidup bersih dan sehat, serta segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan apabila mengalami gejala penyakit agar bisa segera mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat,” tuturnya. (Fur)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below