Sosialisasi Telemedisin, Krisdayanti Minta Jemput Bola Terhadap Lansia Kota Batu

Anggota Komisi IX DPR-RI Krisdayanti saat menyanyi bersama masyarakat Desa Bumiaji dalam kegiatan sosialisasi di Gedung Satya Wungu Balaidesa Bumiaji, Kota Batu. (Foto: Fur/KJ)

Kabarjagad.id, Kota Batu – Anggota Komisi IX DPR-RI Fraksi PDI-P Krisdayanti yang akrab disapa KD bersama Kementrian Kesehatan Republik Indonesia melaksanakan sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dengan tema “Pemanfaatan Telemedisin Kepada Masyarakat”, bertempat di Gedung Satya Wungu Balaidesa Bumiaji, Kota Batu, Rabu (3/7/2024).

Sosialisasi ini dihadiri oleh, Tim Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Kesehatan RI, Boga Hardana S.Si, MM.,  kemudian Yudi Efrianto SKM,M.Kes., mewakili Kepala Dinas Kesehatan Jawa Timur, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu, Aditya Prasaja S.STP.,M.AP., serta Sekretaris Pemdes Bumiaji dan ratusan masyarakat Desa Bumiaji. 

Dalam sosialisasi ini, Anggota DPR RI Komisi IX Krisdayanti mengajak dan menekankan kepada masyarakat agar melakukan hidup sehat itu harus CERDIK, yang artinya adalah (C) Cek kesehatan secara rutin, (E) Enyahkan rokok, (R) Rajin olahraga, (D) Diet seimbang, (I) Istirahat yang cukup, (K) Kelola stress.

KD juga menjelaskan bahwa Telemedisin atau bisa juga disebut konsultasi online ini merupakan sebagai praktik penggunaan teknologi untuk memberikan pelayanan kesehatan secara jarak jauh. 

“Sebetulnya dari tahun 2010 WHO sudah melaksanakan ini, hanya karena covid itulah yang menjadi satu pilihan kerja yang sangat di rujuk oleh seluruh dunia, bahwa memang jauh lebih mengefisiensi operasional dan juga SDM warga sendiri, jadi tidak perlu datang,” ucapnya.

Selain itu, Ia juga menyampaikan bahwa ada sekitar 23.000 lansia di Kota Batu yang tidak memungkinkan bisa menggunakan gadget karena keterbatasan, sehingga ia meminta kepada dinas terkait agar bisa untuk jemput bola, supaya masyarakat terutama lansia betul-betul merasakan pelayanan kesehatan yang sangat dibutuhkan.

“Tadi saya sudah bicara ke Pak Dinkes bagaimana terkait 23.000 lansia di kota Batu, kan kasihan, jangankan pegang gadget untuk ngobrol, atau datang bahkan di rujuk ke rumah sakit atau puskesmas pun juga mungkin tidak mampu, jadi saya sampaikan kepada Pak Dinkes mudah-mudahan nanti ke depannya kita jemput bola untuk seluruh lansia di Kota Batu,” harap KD.

Di sosialisasi ini, KD juga mengaku senang atas antusias warga sangat positif, lalu warga juga senang tentunya, selain mendengar langsung dari narasumber yang kompeten dan juga dari provinsi, ada yang dari pusat, “Bahkan saya pun juga hadir menyapa, dan juga bisa nyanyi bareng dengan masyarakat,” ujarnya.

Sebelum purna tugas, KD terus semangat melakukan sosialisasi serta edukasi kepada masyarakat terutama sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), karena lebih efektif.

“Germas ini, ada 18 titik yang masih tersisa dalam jabatan saya sampai purna nanti di Oktober. Nah, sosialisasi Germas di Kementerian Kesehatan ini merupakan yang paling mendasar, saya tahu semua kementerian dan lembaga penting, tapi ketimbang BPOM yang sudah saya selesaikan, atau badan pengawasan perlindungan pekerja migran, saya prefer kalau secara pribadi Germas itu lebih mengena ke masyarakat dan pesertanya pun jauh lebih banyak,” ungkapnya.

Sementara itu, Plt Kadinkes Kota Batu Aditya Prasaja menyampaikan bahwa Telemedisin sudah tersedia di Aplikasi Mobile JKN, yang bisa di download melalui google play store.

“Kalau Telemedisin ini digunakan untuk konsultasi, dan ini sudah ada di mobile JKN, disana ada menu Konsultasi Dokter. Nah, itu di pakainya disana,” tuturnya.

Aditya juga berharap, dengan sosialisasi ini bisa memberikan informasi kepada masyarakat terkait pelayanan konsultasi kesehatan tanpa harus datang ke rumah sakit ataupun Puskesmas.

“Ini program nasional, harapannya bisa membantu masyarakat bagi yang bisa mengoperasikan, yang tidak butuh harus ke rumah sakit atau ke puskesmas, mungkin hanya sakit ringan, bisa konsultasi,” harapnya. (Fr)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below