Terkait Tanggapan Eksekutif Tentang Raperda RPJMD dan Pengarusutamaan Gender, DPRD Ponorogo Sepakat Bentuk Pansus

Posted by: Reply 142 Views

KJ, Ponorogo – Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Ponorogo Jumat 25 Juni 2021, dengan agenda Penyampaian Jawaban Eksekutif Terhadap Pandangan Umum Fraksi Fraksi Tentang Raperda RPJMD tahun 2021-2026 dan Raperda Pengarusutamaan Gender berlanjut Pansus.

Berdasarkan pantauan di ruang sidang Paripurna DPRD Ponorogo, sebanyak 6 fraksi di DPRD yaitu Partai Nasdem, PKB, Demokrat, Gerindra, Golkar dan PKS menghendaki Pansus. Sedangkan Fraksi PDIP dan PAN tidak menghendaki adanya Pansus. Sehingga berdasarkan suara terbanyak, Rapat yang dipimpin oleh Ketua DPRD Sunarto Spd itu menggedok jika Kedua Raperda itu dibentuk Pansus. Pansus A membahas tentang Raperda RPJMD dan Pansus B membahas tentang Raperda Pengarusutamaan Gender.

Hadir dalam rapat paripurna tersebut seluruh unsur pimpinan dewan dan sejumlah anggota. Sedangkan untuk eksekutif dihadiri oleh Wakil Bupati Lisdyarita sekaligus membacakan Jawaban Draf Raperda RPJMD atas pandangan umum fraksi fraksi di DPRD yang antara lain terkait anggaran 27 persen untuk alokasi desa dan anggaran alokasi ke RT 5 sampai 10 juta pertahun.

Untuk pemilihan ketua pansus akan dilakukan oleh internal pansus yang akan di gelar Senin – Selasa (28-29/6 ) mendatang. Ketua DPRD Kabupaten Ponorogo Sunarto Spd saat di konfirmasi sejumlah awak media menjelaskan jika RPJMD akan menjadi dasar arah pembangunan 5 tahun kedepan.Karena itu membutuhkan kesempurnaan, masukan dari berbagai pihak agar sempurna. Pada Rapat paripurna tersebut berdasarkan kesepakatan dibentuklah 2 Pansus.Pansus A membahas tentang RPJMD dan Pansus B akan membahas tentang kesetaraan gender. ” Dari sejumlah 8 fraksi 6 menghendaki pansus dan 2 yaitu PDIP dan PAN tidak menghendaki pansus. Maka berdasarkan kesepakatan karena DPRD ini sebagai lembaga atas dasar kesepakatan maka PDIP maupun PAN harus mengikuti untuk Pansus.Pertimbanganya karena RPJMD ini akan menjadi dasar arah pembangunan 5 tahun, maka perlu penyempurnaan, seperti yang kami sampaikan kemarin, masih ada yang perlu disempurnakan, kami.masih perlu masukan dari beberapa pihak (publik,red),
(AZ)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below