Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Aman Nusa II tahun 2019

Posted by: Reply 184 Views

KJ, Jombang – Apel gelar pasukan ini dimaksudkan untuk kesiapan penanganan Kontinjensi Bencana tahun 2019-2020. Apel pasukan ini dilaksanakan untuk melihat dari segala sarana dan prasarana yang dimiliki oleh jajaran Stakeholder Kabupaten Jombang, termasuk kesiapan sumber daya manusia sebagai unsur pelaksana di lapangan.

Apel gelar pasukan ini dilaksanakan di lapangan Sumobito Jombang pada Rabu (18/12/2019), dan hadiri langsung Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab, Sekda DR. H. Djazuli, Kapolres Jombang AKBP Bobby Pa’ludin Tambunan, S.I.K.,M.H, Wakapolres Budi Setiyono, S.I.K.,M.H, Dandim 0814 Letkol Inf. Triyono, S.E, Dansat radar Mayor Eprit.

Pimpinan Apel. Kapolres Jombang AKBP Bobby Pa’ludin Tambunan, S.I.K.,M.H dalam sambutannya mengatakan, bencana merupakan peristiwa yang dapat mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan oleh faktor alam atau faktor non alam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan jatuhnya korban jiwa, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis, ujarnya

Masih Kapolres. Hampir semua jenis bencana baik yang disebabkan oleh alam seperti gempa bumi, gunung Merapi, tsunami, banjir, tanah longsor, angin puting beliung kekeringan maupun bencana yang disebabkan oleh manusia seperti, kerusakan lingkungan, kebakaran, kecelakaan transfortasi dan kegagalan teknologi, telah mengancam dan berada di tengah-tengah kehidupan masyarakat Jawa Timur, ungkapnya

Lanjut. Oleh karena itu, upaya penanggulangan bencana perlu dilakukan tindakan sedini mungkin baik pada waktu sebelum, kejadian dan setelah terjadinya bencana. Penanggulangan bencana harus dilakukan secara terkoordinasi dan kerjasama secara terpadu dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat, swasta dan instansi pemerintah, katanya

Lebih jauh Kapolres menjelaskan. Kehadiran Polri beserta stakeholder pemangku kepentingan di lapangan perlu didukung dengan kemampuan dan keterampilan serta sarana dan prasarana yang memadai, sehingga dapat bertindak secara proporsional dan profesional, pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab dalam wawancaranya mengatakan, apel gabungan ini rangka kesiapan penanganan Kontinjensi aman Nusa II 2018 dalam rangka kesiapan penanganan Kontinjensi bencana tahun 2019-2020 yang mungkin terjadi di wilayah Jombang, ini merupakan tugas yang mulia dan terus kita tingkatkan dalam rangka memberi perlindungan dan pelayanan kepada masyarakat  Kabupaten Jombang, ujarnya.

“Sedangkan untuk antisipasi bencana alam kita sudah sediakan semuanya, mulai dari dapur umum, kesehatan juga ada, alat beratnya juga ada. Jadi sebelum hujan kita sudah siapkan payung. Sementara titik rawan terjadi angin puting beliung di wilayah Kecamatan, Wonosalam, Mojowarno, Bareng, Gudo dan Kecamatan Perak seperti yang terjadi kemarin, pungkas Mundjidah.

Pewarta Kabarjagad Agus Situju Haerah

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below