Dirreskrimsus Polda Jatim Gagalkan Penyelundupan Benur Lobster

KJ,Surabaya – Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) mengungkap kasus penyelundupan sejumlah 27.542 ekor benih lobster, atau yang dikenal dengan benur senilai Rp. 4,2 miliar. Puluhan ribu benih lobster itu akan dikirim ke Singapura, mulai dari 26.222 ekor benur lobster jenis pasir dan 1.320 benur lobster jenis mutiara.

Kabidhumas Polda Jatim, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, ungkap kasus ini pihaknya mengamankan dua orang penyelundup yang kini menjadi tersangka. Yaitu Saudara AJ dan MDS sudah kita amankan, mereka warga Pekalongan Jateng dan warga Lubuklinggau Sumatera Selatan, (09/04/20).

Penangkapan keduanya terjadi pada Senin 06 April 2020, sekitar pukul 01.00 WIB. Saat itu, kedua tersangka hendak membawa puluhan ribu benih lobster dari Pulau Lombok menuju Surabaya, untuk dilakukan penyegaran terlebih dahulu sebelum dikirim ke Singapura.

Akan tetapi saat berada di Gerbang Tol Kejapanan-Pasuruan, keduanya ditangkap anggota Subdit IV Tipidter Ditreskrimsus Polda Jatim hingga dilakukan pemeriksaan. Dan ditemukan puluhan ribu benur lobster didalam mobil G 9486 NM yang mereka kendarai.

Dirreskrimsus Polda Jatim, Kombes Pol Gidion Arif Setyawan menjelaskan, terungkapnya kasus penyelundupan benur lobster kali ini merupakan pertama di tahun 2020. Juga pertama pada masa pandemi corona. “Ini kasus pertama di tahun 2020 dan kasus pertama juga pada saat wabah corona melanda.”ujarnya.

Selain benur lobster, beberapa barang bukti juga diamankan dari tangan tersangka. Yaitu, satu stirofoam yang berisi ribuan benih lobster, tiga buah ponsel, tabung oksigen, koper, box container, curigen, mesin aerator, pompa dan sebagainya.

Dengan temuan ini, Gidion akan terus mengembangkan kasus tersebut. Kuat dugaan, para tersangka merupakan bagian dari sindikat penyelundupan benih lobster. Sebab, dilihat dari cara mereka beraksi, para pelaku sangat berpengalaman. “Bisa dibayangkan, benur lobster ini dimasukkan ke dalam satu mobil jadi mereka memang mengerti tentang penyelamatan benur sebelum sampai ke tujuan.”katanya.(Dn) 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below