Donor Darah,  Salah Satu Cara Prajurit Koarmada II Jaga Kesehatan

Posted by: Reply 114 Views

KJ,Surabaya – Dinas Kesehatan Koarmada II kembali menggelar kegiatan sosial donor darah, yang diyakini mampu menurunkan resiko terkena serangan jantung. Kegiatan ini dilaksanakan Gedung R30 Denmako Koarmada II Surabaya pada Rabu (18/09).

Kepala Staf Koarmada (Kaskoarmada) II, Laksamana Pertama TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., ikut serta dalam donor darah yang digelar untuk memperingati HUT ke-74 TNI AL .

Sebanyak kurang lebih 200 Prajurit dan PNS Mako Koarmada II ikut berpartisipasi menyumbangkan darahnya, dalam kegiatan donor yang digelar bekerja sama dengan PMI Surabaya dan Sidoarjo ini.

Sementara itu Kadiskes Koarmada II Kolonel Laut (P) dr. I Ketut Tirka Nandaka,  Sp. KJ(K),M.M. menyampaikan bahwa tujuan diadakannya pelayanan donor darah , selain melaksanakan tugas sosial kemanusiaan donor darah juga dapat membantu membuang kelebihan zat besi yang terdapat dalam tubuh.

Tirka menambahkan zat besi yang berlebihan dalam darah dapat menyebabkan oksidasi kolesterol. Dan hasil dari proses oksidasi tersebut dapat menumpuk pada dinding arteri dan meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung dan stroke.

” Jadi melalui donor darah, kadar zat besi dalam tubuh dapat menjadi lebih stabil dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Ini menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan bagi prajurit dan PNS “, pungkas Tirka.

Ikut hadir dalam  donor darah para Asisten Pangkoarmada II, Kasatker Koarmada II, Prajurit serta PNS  Koarmada II.(muis)

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below