Kodim 0801 Pacitan Gelar Upacara Peringatan Hari Bela Negara ke -71

Posted by: Reply 115 Views

KJ, Pacitan — Dalam memperingati Hari Bela Negara ke -71 Tahun 2019, Komando Distrik Militer (Kodim) 0801 Pacitan Gelar Upacara Bendera yang bertempat di Makodim Pacitan, Jalan Letjed Suprapto Nomor 42, Kamis (19/12/19).

Diikuti oleh seluruh Anggota dan PNS Kodim 0801 Pacitan, upacara tersebut dilaksanakan penuh khidmat, dimulai dengan pengibaran bendera merah putih, yang kemudian dilanjutkan pembacaan Ikrar Bela Negara.

Dalam amanat Presiden RI, Joko widodo, yang dibacakan Inspektur Upacara, Kapten Kav Subari mengatakan, memperingati Hari Bela Negara untuk mengenang para pahlawan dan pejuang dalam mempertaruhkan nyawa demi mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Nilai dasar Bela negara mencakup cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, yakin pada Pancasila sebagai ideologi negara, serta rela berkorban untuk bangsa dan negara,” ucap Irup.

Salah satu berkah yang telah mengantarkan kemerdekaan tanah air Indonesia adalah digalinya kembali Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup bangsa dan nilai dasar bela negara. Pancasila adalah visi final bangsa dan negara Indonesia yang menghendaki pembangunan manusia paripurna.

“Sejalan dengan itu, pada tahun 2018 Presiden RI telah mengintruksikan pelaksanaan Rencana Aksi Bela Negara di berbagai bidang dan tataran di seluruh Indonesia dengan melibatkan segenap jajaran Kementerian/ Lembaga dan Pemerintah Daerah, serta berbagai elemen masyarakat sebagai wujud apresiasi atas berbagai keahlian manusia Indonesia,” pungkasnya. (Tri)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below