Mencegah Merebaknya Covid-19, Polsek Bandarkedungmulyo Dan Puskesmas Setempat, Sosialisasikan Pola Hidup Sehat

Posted by: Reply 199 Views

KJ, Jombang – Polsek dan Puskesmas Bandarkedungmulyo melaksanakan giat antisipasi virus Covid-19. Sosialisasi Pencegahan Virus Corona (COVID-19) yang Bertempat di Pusat Kesehatan Masyarakat Bandarkedungmulyo Jombang, Rabu (18/3/2020).

Merebaknya Virus Corona (Covid-19), Polsek Bandarkedungmulyo dan Puskesmas setempat menggencarkan sosialisasi kepada masyarakat wilayah Kecamatan Bandarkedungmulyo Kabupaten Jombang Jawa Timur.

Menurut Kapolsek Bandarkedungmulyo, Sosialisasi ini kita gencarkan agar masyarakat tetap mewaspadai terkait Virus Corona. Tetapi tidak perlu takut dan panik, yang jelas harus menjaga diri dengan cara pola hidup sehat,” tutur AKP Darmaji, S.H.

Dalam sosialisasi itu masyarakat diajarkan bagaimana cara menerapkan pola hidup sehat, baik secara teori maupun praktik.

“Masyarakat diajarkan mulai dari cara mencuci tangan yang baik dan benar serta penjelasan dari Puskesmas Bandarkedungmulyo terkait gejala dari virus tersebut,” imbuhnya.

Sosialisasi tersebut sangat penting dilakukan agar masyarakat mengetahui tentang gejala-gejala dari virus itu. Karena yang harus dijaga adalah sistem imun tubuh agar terhindar dari segala macam tubuh termasuk Corona.

Karena Infeksi Virus Corona atau Covid-19 ini bisa menyebabkan penderitanya mengalami gejala flu, seperti demam, pilek, batuk, sakit tenggorokan, dan sakit kepala; atau gejala penyakit infeksi pernapasan berat, seperti demam tinggi, batuk berdahak bahkan berdarah, sesak napas, dan nyeri dada.

Yang diserang terlebih dahulu oleh virus ini adalah sistem pernafasan. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti infeksi paru-paru.

Maka dari itu, pihak Polsek berharap kepada masyarakat agar selalu menerapkan pola hidup sehat seperti olahraga, istirahat yang cukup dan juga menjaga kebersihan di sekitar.

“Alhamdulilah peserta sangat antusias sekali, Awalnya masyarakat memang biasa saja. Akan tetapi ketika ada surat kewaspadaan dalam mengantisipasi Virus Corona baru masyarakat paham. Paling tidak kita mengadakan sosialisasi ini agar bisa meminimalisir penyebaran Virus Corona di Kecamatan Bandarkedungmulyo,” pungkasnya.

“Mari Jaga diri dan Keluarga Anda dari Virus Corona (Covid-19) dengan Metode GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) dengan cara menerapkan pola hidup sehat, makan makanan dengan gizi seimbang, rajin berolah raga serta istirahat cukup, jaga kebersihan lingkungan yang lebih penting budayakan mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir. Bila batuk pakailah masker atau tutup mulut dengan lengan atas bagian dalam.” tutup Kapolsek Bandarkedungmulyo AKP Darmaji, S.H., mengakhiri wawancaranya kepada media.

Pewarta Kabarjagad Agus Situju Haerah

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below