Operasi Zebra Semeru 2022 di Kota Angin Dimulai, Polres Nganjuk Sasar 7 Pelanggaran

Kabarjagad.id, Nganjuk – Operasi Zebra Semeru 2022, digelar mulai digelar selama 14 hari kedepan yakni tanggal 3 Oktober 2022 sampai 16 Oktober 2022 yang dilaksanakan secara serentak di sejumlah titik di wilayah Polda Jatim.

Operasi Zebra adalah operasi lalu lintas yang rutin digelar oleh kepolisian, agar para pengguna jalan patuh terhadap aturan lalu lintas dan rambu-rambu yang berlaku dalam rangka menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas).

Sama halnya yang dilakukan oleh Polres Nganjuk, apel gelar pasukan Operasi Zebra Semeru 2022 dilakukan di lapangan apel yang dipimpin secara langsung oleh Kapolres Nganjuk AKBP Boy Jeckson S.

Boy menjelaskan bahwa apel ini diselenggarakan sebagai kesiapan Polres Nganjuk dalam pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2022 dengan tujuan untuk memberikan gambaran persiapan kesatuan dalam pelaksanaan operasi.

“Operasi Zebra Semeru 2022 ini untuk mengurangi sedini mungkin gangguan kamseltibcarlantas berdasarkan data dan metode yang tepat,”ucap Boy.

Dijelaskan Boy, Operasi Zebra Semeru 2022 ini mengedepankan kegiatan edukatif, persuasif serta humanis, dalam rangka meningkatkan simpati masyarakat kepada polantas guna memutus penyebaran Covid-19.

Ada tujuh hal yang akan disasar dalam operasi kali ini. Pertama, pengendara sepeda motor yang berboncengan lebih dari satu orang. Kedua, pengendara yang melebihi batas kecepatan. Ketiga, pengendara kendaraan bermotor yang masih dibawah umur. Keempat, pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm SNI dan pengemudi roda empat atau lebih yang tidak menggunakan sabuk pengaman. Kelima, menggunakan handphone saat mengemudikan kendaraan. Keenam, pengendara kendaraan bermotor yang melawan arus lalu lintas. Ketujuh, pengendara yang menggunakan kendaraan bermotor tidak sesuai spektek.

“Sasaran dari Operasi Zebra Semeru 2022 antara lain masyarakat yang tidak mematuhi prokes, dan tidak disiplin berlalu lintas,” ungkapnya.

Boy menegaskan, dalam Operasi Zebra Semeru 2022 ini, penindakan dilakukan berbasis elektronik dengan ETLE dan mobil Incar. Tidak ada penindakan secara stasioneri.

“Meski begitu kita tetap mengedepankan edukatif dan teguran simpatik kepada masyarakat, dan tidak melulu mengejar pelanggar agar tercipta kamseltibcarlantas,” tutup Kapolres Nganjuk.

Untuk diketahui, ikut dalam barisan apel gelar pasukan Operasi Zebra Semeru 2022 diantaranya Unit Pom TNI AD, Satlantas, Satintelkam, Satreskrim, Satresnarkoba, Satsabhara, RS Bhayangkara, Satpol PP, dan Dishub Kabupaten Nganjuk.(hms/pram)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below