Peringati Hari Juang TNI AD dan HUT Ke-71 Tahun Kodam V Brawijaya, TNI-AD Kembali Tanam 3 Ribu Pohon di Gresik

Posted by: Reply 133 Views

KJ,Gresik – TNI Angkatan Darat kembali torehkan tinta emas bersama seluruh elemen lapisan masyarakat dengan melaksanakan kegiatan Penanaman Pohon Penghijauan dalam hal ini, pihak Kodam V/Brawijaya dan Kodim 0817 Gresik menanam pohon sebanyak 3.000 pohon untuk penghijauan di Bumi Perkemahan Pramuka Desa Kambingan Kec. Cerme Kabupaten Gresik, Kamis (12/12) pagi.

Kegiatan penanaman pohon ini dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD dan HUT Ke-71 Kodam V Brawijaya Tahun 2019.

Mengawali kegiatan tersebut terlebih dahulu dilaksanakan kegiatan upacara bersama dengan Irup (Inspektur Upacara) adalah Pangdam V/Brawijaya yang diwakili oleh Perwira Ahli Pangdam V/Brawijaya Bidang Ideologi Politik Kolonel Czi. Bayu Ekawan dan Danup (Komandan Upacara) yaitu Danramil 0817/01 Driyorejo Mayor Inf. Sali.

Dalam amanat Pangdam V/Brawijaya yang dibacakan oleh Pa Ahli Pangdam Menyampaikan bahwa, “Hari ini merupakan saat yang membahagiakan bagi saya, karena kembali mendapat kehormatan dan kepercayaan untuk bersama-sama melaksanakan kegiatan yang sangat mulia, yaitu penanaman 3.000 pohon penghijauan di bumi perkemahan ini.

Untuk itu selaku Pangdam V/Brawijaya dan pribadi saya mengucapkan terima kasih kepada panitia atas terselenggaranya acara ini dalam rangka peringatan HUT ke-71 Kodam V/Brawijaya. Pada kesempatan ini pula, kita semua patut bersyukur serta berbangga hati, karena soliditas dan sinergitas antara Kodam V/Brawijaya dengan instansi Pemerintahan di tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota, dapat terus terbangun guna mewujudkan Jawa Timur yang aman dan nyaman melalui program penanaman 3.000 pohon penghijauan seperti ini “.

” Penghijauan merupakan kegiatan yang sangat strategis dan sarat manfaat, karena hasilnya akan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap upaya penyelamatan dunia dari pengaruh global warming, perbaikan kualitas lingkungan hidup dan mengurangi emisi yang berasal dari asap kendaraan bermotor maupun pabrik. Serta dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui perdagangan hasil hutan. Selanjutnya kegiatan ini juga merupakan upaya mendukung program pemerintah Republik Indonesia dalam penanaman pohon sebanyak 1 milyar pohon atau One Bilion Indonesia Trees (OBIT). Oleh karena itu kegiatan ini merupakan langkah yang sangat positif dalam menjaga kelestarian lingkungan serta keberlangsungan alam Indonesia yang kita cintai “, lanjutnya.

” Kegiatan yang kita laksanakan pada hari ini, merupakan wujud nyata dari kecintaan kita terhadap bangsa dan tanah air kita, sertaterhadap generasi penerus kita. Oleh karena itu mari kita bulatkan tekad untuk senantiasa menjaga dan memelihara lingkungan kita mulai hari ini demi masa depan lingkungan dan generasi kita, dengan semboyan: ”lakukan yang terbaik dengan berani, tulus dan ikhlas. Jadilah pewaris mata air dengan menanam pohon, dan jangan mewariskan air mata karena menebang pohon secara tidak bertanggung jawab, sehingga merusak lingkungan hidup yang berakibat timbulnya bencana banjir, tanah longsor dan lain-lainnya yang pada akhirnya menimbulkan cucuran air mata pende-ritaan bagi anak cucu kita”, imbuhnya.

Kegiatan penanaman pohon penghijauan ini dilaksanakan oleh Kolonel Czi Bayu Ekawan Perwira Staf Ahli Pangdam V/Brawijaya Bidang Ideologi Politik didampingi oleh Komandan Kodim 0817 Gresik Letkol Inf. Budi Handoko, SH., Wakil Bupati Gresik Dr. KH. M. Qosim, M.Si, Ketua DPRD Gresik Bp. Fandi A. Yani, Kajari Gresik Bp. Heru Winoto, Danrem 084/Bhaskara Jaya yang diwakili oleh Pasi Wanwil Sterrem 084/BJ Kapten Inf. Parno beserta pejabat lainnya yang hadir serta segenap anggota Forkopimda Gresik dan Muspika Kecamatan Cerme dan Ketua Persit KCK Cabang XLIV Kodim 0817/Gresik Ny. Rina Budi Handoko beserta para pengurus Persit yang lainnya.

Saat diwawancarai Kolonel Czi Bayu Ekawan Perwira Staf Ahli Pangdam bidang Ideologi Politik menyatakan bahwa kegiatan ini sangat strategis dalam upaya penyelamatan dunia dari global warming.

“Penanaman tiga ribu pohon ini langkah positif sebagai bagian dari program pemerintah dalam penanaman satu milyar pohon. Mari kita semuanya untuk selalu menjaga lingkungan demi masa depan generasi kita. Jangan menebang pohon yang merusak lingkungan kita” ajaknya serius.

Sementara Wakil Bupati Gresik juga mengatakan, “Saya juga menyampaikan selamat Hari Juang TNI AD dan HUT ke 71 Kodam V Brawijaya Jawa Timur, dimana dalam peringatan ini telah melakukan aksi penanaman pohon. Kami sadar betapa sangat bermanfaatnya program ini untuk memperbaiki struktur tanah disini yang nantinya akan semakin kokoh dan subur. Pohon-pohon ini juga akan bermanfaat memberikan udara bersih bagi masyarakat sekitar”.

Selain dari unsur Pemerintah, TNI-Polri, penanaman 3.000 pohon ini juga dilaksanakan oleh para anggota Pramuka Kwartir Cabang Gresik yang dibantu masyarakat sekitarnya.(Dn)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below