Peserta Latkamla TA 2020 Mendapat Pembekalan Dari Wakapusinfomar TNI

Posted by: Reply 153 Views

KJ, Surabaya – Hari ketiga pelaksanaan Latihan Keamanan Laut TA 2020, para peserta mendapatkan pembekalan dari Pusat Informasi Maritim (Pusinfomar) TNI yang disampaikan langsung oleh Wakapusinfomar Kolonel Laut (P) Arif Badrudin di Auditorium Puslatkaprang Kolat Koarmada II, Rabu (4/3).

Pusinfomar TNI merupakan Badan Pelaksana Pusat (Balakpus) Mabes TNI yang berkedudukan langsung di bawah Panglima TNI. Badan ini bertanggung jawab kepada Panglima TNI dalam pelaksanaan tugas sehari-hari yang dikoordinasikan oleh Kepala Staf Umum (Kasum) TNI.

Pusinfomar TNI baru diresmikan oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto pada tanggal 6 Januari 2020 silam berdasarkan Peraturan Panglima TNI Nomor 39 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tugas Pusinfomar TNI tanggal 3 Desember 2019. Tugasnya adalah memelihara dan meningkatkan keamanan maritim melalui komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi bersama di bidang pengumpulan, penyediaan dan pertukaran informasi antar pusat operasi maupun pusat informasi maritim nasional dan internasional dalam rangka mendukung tugas pokok TNI.

Dalam kesempatan tersebut, Wakapusinfomar memberikan paparan kepada peserta yang berjudul Pengawasan Laut Dalam Mewujudkan Maritime Domain Awareness. Selain itu peserta Latkamla juga mendapat pembekalan tentang Prosedur Pengejaran, Penangkapan dan Penyelidikan (Jarkaplid) sesuai Peraturan Kasal Nomor Perkasal/32/V/2009 Tentang Protap Kamla dari Kadiskum Koarmada II Kolonel Laut (KH) Elly J. Sumampauw.

Untuk pelaksanaan kegiatan besok, menurut rencana peserta Latkamla yang berjumlah sekitar 331 orang prajurit ini akan berlatih membuat petunjuk perencanaan dan penyusunan prinsiap.(Pen/Dn)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below