Program Keselamatan 2020 Korlantas Polri, Satlantas Polres Jombang Gelar Pelatihan Untuk Pengemudi

KJ, Jombang – Satlantas Polres Jombang Jawa Timur, gelar pelatihan kepada pengemudi melalui program keselamatan 2020 yang dibuka oleh Korlantas Polri yang di-launching pada hari Rabu 15 April 2020 melalui sarana vicon di ruang JCC Polres Jombang.

Kegiatan tersebut dihadiri Kasat Lantas, Kanit Turjawali, Kanit Dikyasa, Dokter Hans Mahagi (Dokkes Polres Jombang) serta pengemudi angkutan umum dari serikat supir Indonesia cabang Jombang 20 orang, bertempat di aula kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Jombang, Jum’at (17/4/2020).

Launching program keselamatan ini sebagai wujud kepedulian kepada pengemudi angkutan umum, yaitu pemberian intensif dan pelatihan bagi supir yang terdampak Covid-19.

Kapolres Jombang AKBP Boby Pa’ludin Tambunan, S.I.K., M.H., melalui Kasat Lantas Polres Jombang AKP A. Rizky Fardian Caropeboka, S.I.K., mengatakan, Kegiatan ini merupakan program Polri keselamatan berlalulintas dari Korlantas dengan nama program keselamatan 2020 untuk memberikan pemahaman mengenai bahaya dan pencegahan Covid-19, serta keselamatan berlalulintas melalui sossialisasi sapety driving, ujar AKP Rizky.

Ia menjelaskan, melalui program ini, Polres Jombang akan memberikan pelatihan kepada pengemudi angkutan umum, serta memberikan intensif selama tiga bulan.

Launching program keselamatan 2020 ini adalah pemenuhan kebutuhan pokok dan edukasi sosial bagi masyarakat, khususnya para pengemudi angkutan umum yang terdampak Covid-19, dan bantuan sebesar Rp 600.000 yang akan diberikan setiap bulannya selama tiga bulan.

Pelatihan itu berkaitan dengan protokol Covid-19. Selain itu, tentang etika dan keselamatan mengemudi, program keselamatan 2020 serta tata cara berlalulintas sesuai dengan ketentuan undang-undang lalu lintas angkutan jalan nomor  22  tahun 2009 tentang lalulintas angkutan jalan.

Dalam pelaksanaan pelatihan ini tentunya melalui tahapan SOP keselamatan. Misalkan sebelum masuk ruangan pertemuan peserta diharuskan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun. Peserta juga wajib di tes suhu tubuh, serta tetap mengedepankan Physical Distancing dan Social Distancing.

Para peserta pelatihan wajib melalui tahapan SOP keselamatan dan diharapkan mampu menyerap materi yang akan diberikan oleh instruktur atau pengajar untuk selanjutnya diterapkan dalam menjalankan aktivitas kesehariannya. Jaga pola hidup sehat, aman dan selamat dalam mengemudi, itulah tujuan utama program ini, tutup Kasat Lantas Polres Jombang.

Pewarta Kabarjagad Agus Situju Haerah

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below