Tim Promkes Diskes Koarmada II Tekankan Pentingnya Urikes

Posted by: Reply 88 Views

KJ, Surabaya – Dalam rangka menjaga kesehatan prajurit, Dinas Kesehatan (Diskes) Koarmada II beserta tim Promkes(promosi kesehatan) yang dipimpin oleh Kapten Laut (K) Suparman menggelar ceramah kesehatan tentang penyakit metabolik, penyuluhan teknik pemberian Bantuan Hidup Dasar, serta pencegahan virus corona atau virus Covid-19.

Gedung Mandalika Komando Latihan (Kolat) menjadi tempat dalam kegiatan tersebut, diikuti oleh prajurit dari Dinas Keuangan (Disku), Komando Latihan (Kolat) dan Dinas Hukum (Diskum) Koarmada II, pada Kamis (05/03).

“Promkes adalah program rutin Diskes Koarmada II sebagai upaya pembinaan kesehatan para prajurit yang bersifat preventif atau pencegahan. Hal ini juga didasari oleh himbauan Panglima, Laksda TNI Heru Kusmanto, agar setiap prajurit peduli akan kesehatan diri sendiri dengan menjalani hidup sehat dan olahraga serta penekanan kepada prajurit agar Urikes dilaksanakan secara rutin supaya mengetahui lebih awal bila ada indikasi gangguan kesehatan,” ujar Suparman.

Sementara itu dr. Agatha yang juga ikut dalam tim Promkes, menjelaskan penyakit atau sindroma metabolik adalah kelainan metabolik kompleks yang diakibatkan oleh peningkatan obesitas. Dimana obesitas, resistensi insulin, disiplidemia dan hipertensi menjadi penyebab utamanya.

“Agar terhindar dari semua penyakit metabolik, seluruh prajurit yang mengikuti supaya selalu rajin menjaga pola hidup sehat dengan berolahraga, mengkonsumsi makanan dengan nutrisi yang tepat dan tentunya tetap menjaga kebersihan lingkungan setempat, “ terang Dokter Agatha.(pen/Dn)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below