Wouw Kejadian Brebet Sepeda Motor Bikin Resah warga Surabaya

Kabarjagad, Surabaya – Warga Menur Surabaya, Marzuki (35) turut merasakan fenomena kendaraan mbrebet alias mogok tiba-tiba. Hal ini dirasakannya setelah mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite pada sepeda motor Vario miliknya.

“Pagi ini saya isi Pertalite di SPBU kawasan Nginden kok mbrebet sepeda motor saya,” ujarnya, Selasa (28/10/2025).

Sebenarnya, kata Marzuki, gejala mbrebet pada sepeda motornya sudah dirasakan beberapa hari terakhir. Dia sempat membawa ke bengkel terdekat. Karena merasakam tarikan gasnya tidak seperti biasanya. Performa motor pun turun.

“Sudah beberapa hari ini merasakan tarikan gak enak. Sudah servis sama ganti busi juga tapi sekarang malah mbrebet,” ungkapnya.

Marzuki pun curiga dengan kualitas BBM milik Pertamina. Terlebih, akhir-akhir ini juga viral dicampur dengan etanol. Untuk sementara waktu, ia tidak mau menggunakan BBM Pertalite pada kendaraan lainnya. Terutama mobil.

“Mobil saya isi Pertamax. Aman sih sejauh ini, gak berani isi Pertalite, kalau rusak malah biayanya parah,” katanya.

Sementara itu Arif warga Pakis mengalami hal yang sama pada sepeda motor mio yang dipakainya brebet.

“Tadi pagi habis isi bensin di pom pertalite, setelah perjalanan beberapa meter sepeda saya brebet dan tidak bisa di hidupkan, lalu saya bawa ke bengkel kena seratus ribu (menunjukan bukti kwitansi pembayaran dari bengkel), terus ini siapa yang bertanggung jawab” ujar Arif dengan nada kesal.

Sementara itu pihak Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara (Jatimbalinus) menyarankan agar segera membuat laporan atau aduan jika mengalami keluhan kendaraan mbreber diduga karena Pertalite. Sehingga pihaknya bisa langsung melakukan identifikasi.

“Kami mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan menggunakan BBM secara bijak. Pertamina memastikan seluruh produk yang disalurkan telah melalui proses pengawasan ketat, mulai dari terminal pengirim hingga lembaga penyalur resmi,” kata Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus, Ahad Rahedi.

Sebagai bentuk komitmen terhadap pelayanan cepat dan transparan, Pertamina telah membuka posko layanan keluhan konsumen. “Dapat menghubungi SPBU terakhir pembelian BBM, atau bisa menghubungi via Pertamina Contact Center. Call Center 135, Email pcc135@pertamina.com dan DM Instagram @pertamina.135. Agar dapat segera ditindaklanjuti sesuai prosedur yang berlaku,” imbuh Ahad.

“Kami berkomitmen menangani setiap keluhan masyarakat dengan cepat dan sesuai SOP. Keselamatan, kenyamanan, serta kepercayaan pelanggan adalah prioritas utama kami,” pungkasnya. (mm)

Bagikan

Tinggalkan Balasan