Buku ‘Pendidikan Pancasila Untuk PT’ Bisa Menjadi Pedoman Mahasiswa

Posted by: Reply 149 Views

KJ, Malang – Peresensi buku ‘Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi’, Syafa Arabella Maheswari Putri, Mahasiswi Universitas Islam Malang, Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis Semester I menilai buku ini bisa menjadi pedoman bagi mahasiswa selama belajar di kampus atau Perguruan Tinggi.

Secara universal buku ‘Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi’ karya M. Taufik, S.H., menekankan kepada pentingnya nilai-nilai Pancasila bagi civitas akademika. 

Syafa Arabella mengatakan, karena dengan penanaman dasar ideologi Pancasila bagi generasi bangsa di era milenial ini sangatlah penting, demi menguatkan pondasi berbangsa dan bernegara yang berazaskan Pancasila dan UUD 1945, dari berbagai macam godaan untuk memecah belah bangsa.

“Buku penerbit Baskara Media ini sangatlah baik untuk referensi, bukan hanya kalangan mahasiswa, pelajar, tapi juga kalangan umum. Dimana dengan membaca buku ini, pemahaman Pancasila semakin kokoh tertanam bagi generasi penerus bangsa.” ujarnya kepada wartawan di Malang, Senin (04/11/19).

Ia menjelaskan, generasi muda saat ini yang lebih berkiblat pada kemajuan teknologi informasi, sangat penting membaca buku ini untuk mengkonter infiltrasi-infiltrasi ideologi global yang dibungkus informasi, terutama informasi didunia maya atau media sosial (Medsos).

Dengan buku ini, kata Syafa, siapapun yang membaca niscaya akan mendapatkan filterisasi (penyaringan) suatu faham ideologi diluar ideologi Pancasila. 

“Mahasiswa sebagai kaum intelektual muda, pastinya telah mendapatkan pengetahuan dari isi buku ini, sehingga bisa diterapkan dalam aktifitasnya baik selama berada di kampus, atau ditengah-tengah masyarakat.” terangnya.

Buku dengan tebal XII + 382 halaman

dan ukuran Buku 15 x 23 ini diharapkan menjadi pedoman bagi mahasiswa, terutama para pengajar atau dosen di seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia.

Melalui buku ini, pengajar (Dosen) maupun yang diajari (mahasiswa/i) dapat memahami makna dan merealisasikannya dalam kehidupan sehari-hari, yaitu azas Pancasila. 

Syafa kembali mengatakan, dengan memahami buku ini akan berdampak positif bagi generasi milenial ditengah derasnya arus informasi. Pondasi azas Pancasila sangat penting, demi keutuhan bangsa yang dibangun dengan penuh perjuangan dan pengorbanan yang dilakukan oleh pahlawan-pahlawan negeri.

Presensi buku ‘ Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi’ yang dibuat oleh Syafa Arabella Maheswari Putri, Mahasiswi Universitas Islam Malang, Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis Semester I ini diharapkan menjadi acuan, motivasi, dan referensi sebagai bahan studi perkuliahan tentang nilai-nilai Pancasila dan pratiknya dalam bermasyarakat dan bernegara. (Tris)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below